SD blog

all I thinks as college student

Sudahkah Anda Memahami Pengertian Uang Digital Yang Sebenarnya?

without comments

Sudahkah Anda Memahami Pengertian Uang Digital Yang Sebenarnya?
Sumber; Blog.devhos.com

Pengertian uang digital belum sepenuhnya dipahami oleh mereka yang mungkin masih ingin mencoba layanannya. Cryptocurrency sejauh ini masih menjadi salah satu media pembayaran yang paling cepat, untuk transaksi digital, terutama bursa berjangka.  Kemudahan adalah hal utama yang yang memfasilitasi pertukaran mata uang kripto. Jadi layanan ini berpotensi tersedia bagi siapa saja yang memiliki koneksi data bagus.

Siapa pengguna uang digital?

Diperkirakan saat ini ada lebih dari 2 miliar orang pengguna internet atau ponsel pintar, namun tidak memahami pengertian uang digital.   Terlebih, mata uang ini juga bukan menjadi pembayaran resmi untuk transaksi apapun. Hal ini dikarenakan pemerintah di negara manapun tidak memberikan keabsahan untuk mata uang ini dalam bertransaksi secara umum.

Pembayaran dengan uang digital memang terbatas pada beberapa vendor e-commerce saja. Selama ini, uang digital masih dimaksimalkan untuk transaksi bursa berjangka. Perdagangan internasional menjadi lebih mudah. Meskipun tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah untuk transaksi umum, cryptocurrency tidak tunduk pada nilai tukar, suku bunga, biaya transaksi, atau pungutan lain yang dikenakan oleh beberapa negara.

Pengertian uang digital selama ini adalah kemudahan dalam menggunakan mekanisme peer-to-peer dari teknologi blockchain. Selain itu, transfer dan transaksi lintas negara dapat dilakukan tanpa ada fluktuasi pertukaran mata uang, dan masalah yang mungkin terjadi saat pembayaran dilakukan dengan kartu kredit dengan menggunakan mata uang dari negara yang bersangkutan.

Terlepas dari banyaknya keuntungan, pengguna juga perlu mengetahui pengertian uang digital yang juga memiliki kelemahan.  Banyak potensi terjadinya scam karena tingginya minat pengguna cryptocurrency. Tapi, waspadai mereka yang menawarkan penggandaan uang digital, terlebih dalam jumlah besar dengan kurun waktu yang sangat singkat. Hal ini tentu merupakan bentuk penipuan.

Biasanya, pelaku scam akan membuat sebuah kode rahasia yang akan mereka dapatkan saat Anda mengunjungi sebuah situs tertentu. Dalam hal ini, pelaku scam dapat mengakses laptop atau ponsel pengguna, tanpa pengguna sadari. Jadi, ketahui dulu pengertian uang digital secara benar, sebelum Anda benar-benar memanfaatkannya.

Written by sriyadidaryanto

July 5th, 2021 at 9:30 am

Posted in Wawasan

Leave a Reply