SD blog

all I thinks as college student

Tiru Resep Enak Kopi Tuku Yang Juga Memikat Hati Presiden RI

without comments

Tiru Resep Enak Kopi Tuku Yang Juga Memikat Hati Presiden RI
Sumber: Traveloka.com

Kopi susu memang banyak, tetapi resep enak Kopi Tuku tetap dapat memanjakan selera Anda yang menyukai ragam jenis kopi susu. Siapa yang tidak kenal dengan Kopi Tuku yang sempat menarik perhatian presiden Joko Widodo untuk mampir pada tahun 2017 silam?  Bahkan sebelum kehadiran orang nomor satu tersebut, kedai Kopi Tuku selalu ramai pembeli. Hingga kini, popularitasnya semakin meroket.

Pastinya, mereka yang tidak punya banyak waktu ingin juga menikmati lezatnya menu di Kopi Tuku, terutama Kopi Susu Tetangga yang khas dengan kopi susu creamy dengan larutan gula aren yang legit itu. Meskipun jenis minuman di kedai ini tidak terbatas pada Kopi Susu Tetangga, tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba resep enak Kopi Tuku yang satu ini. Pasalnya, bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah dan pasti ada di kulkas rumah kita masing-masing.

Bahan utama yang Anda perlukan adalah biji kopi espresso jika Anda memiliki coffee maker. Atau, Anda juga dapat menggunakan bubuk kopi instan yang selalu Anda siapkan. Bahan kedua adalah susu full cream atau susu segar. Susu segar lebih diutamakan, karena kadar lemak yang lebih tinggi akan membuat rasa susu semakin terasa. Siapkan pula gula merah atau gula aren, karena bahan ini wajib.

Pertama, seduh kopi espresso dan siapkan juga susu segar yang sudah direbus. Lalu, rebus gula merah sebanyak 30 gram hingga mendidih. Masukkan semuanya ke dalam blender dan tambahkan es batu. Jika Anda ingin tambahan whipped cream, Anda dapat menambahkannya sendiri. Proses pembuatannya sangat mudah. Namun, tantangannya adalah racikan kopi dan susu yang menyertainya, seperti kata bijak jawa “pahit’e kopi ditambah manis’e gulo dadi roso seng ora ono tandingane”.

Perlu diperhatikan bahwa kadar kopi yang pas untuk resep enak Kopi Tuku adalah 40 gram per gelasnya. Sedangkan kadar susu yang diperlukan adalah 120 gram. Takaran ini pernah diungkapkan oleh pemilik Franchise Kopi Tuku yaitu Andanu Prasetyo sendiri. Jadi, jika Anda memang menyukai cita rasa yang mirip dengan Kopi Susu Tetangga.

Tetapi, jika Anda merasa bahwa minuman ini terlalu manis, Anda dapat menambah kadar kopi, atau mengurangi takaran gula aren. Selamat menikmati.

Written by sriyadidaryanto

May 30th, 2021 at 11:42 am

Posted in Bisnis,Others

Leave a Reply