SD blog

all I thinks as college student

Perlu Diketahui! Inilah Bagaimana Seharusnya Menjadi Mahasiswa

without comments

Perlu Diketahui! Inilah Bagaimana Seharusnya Menjadi Mahasiswa

Agar kuliah yang dijalani tidak sia-sia, kamu perlu memahami bagaimana seharusnya menjadi mahasiswa. Hal ini agar waktu yang kamu miliki bisa optimal selama kuliah. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menjadi mahasiswa.

1. Hindari nongkrong sepanjang waktu

Nongkrong dan saling sharing kumpulan kata sambil bercanda memang menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Hanya saja, ternyata aktivitas ini akan membuat kamu menjadi tidak produktif. Nongkrong juga akan membuat waktu kamu menjadi sia-sia. Apalagi jika banyak tugas kuliah yang harus dikerjakan, nongkrong hanya akan membuat membuat kamu kesulitan mengerjakan tugas, akibat waktu yang habis saat nongkrong.

2. Jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu

Ketika kamu sudah menjadi mahasiswa, ada baiknya kamu memanfaatkan waktu untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat. Jika kamu hanya menjalani ritual kupu-kupu (kuliah-pulang, kuliah-pulang) saja, tentunya akan membuat waktu kamu banyak yang terbuang sia-sia.

Agar waktumu bermanfaat, ada baiknya kamu mengikuti organisasi kampus atau bekerja part-time. Hal ini akan mengisi kekosongan waktu yang kamu miliki dan tentunya memiliki manfaat bagi diri kamu.

3. Ikut organisasi kampus

Mahasiswa merupakan para penerus bangsa yang diharapkan akan ikut andil dalam pembangunan negara. Inilah hal yang perlu kamu pikirkan tentang bagaiaman seharusnya menjadi mahasiswa.

Kamu juga perlu mengikuti organisasi yang ada di kampus. Selain akan menambah pengalaman kamu, ikut organisasi kampus juga akan melatih softskill yang tidak akan kamu dapatkan di bangku kuliah.

Pilihlah organisasi kampus yang sesuai dengan minat. Kamu bisa memilih organisasi di bidang sosial politik, agama, seni, ketrampilan, hingga olahraga yang tersedia di jurusan maupun universitas.

4. Aktif di kelas

Aktif di kelas akan memiliki banyak keuntungan untukmu. Tak hanya bisa dikenal oleh dosen, dengan aktif di kelas juga akan memberikan kamu peluang mendapatkan nilai lebih dari dosen. Selain itu, aktif di kelas juga akan melatih rasa percaya diri kamu. Tentunya, hal ini akan bermanfaat dan aman bagi kehidupan kamu di masa yang akan datang.

Memang, untuk menjadi mahasiswa tidak sama seperti saat kamu menjadi siswa di sekolah. Dengan memahami bagaimana seharusnya menjadi mahasiswa, kamu bisa memaksimalkan waktu untuk menjadi seorang mahasiswa yang sukses.

Written by sriyadidaryanto

March 22nd, 2021 at 7:05 pm

Posted in ngampus

Leave a Reply