SD blog

all I thinks as college student

Peristiwa Apa Saja yang Mengiringi Detik-Detik Proklamasi?

without comments

Peristiwa Apa Saja yang Mengiringi Detik-Detik Proklamasi?

Pastinya kamu sering mendengar istilah ‘jas merah’ bukan? Nah, untuk mengenang jasa para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, ada baiknya kamu mengetahui beberapa peristiwa saat detik-detik proklamasi.

Persiapan Kemerdekaan Indonesia

Jauh hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia, Indonesia sudah mulai melakukan persiapan kemerdekaan yang diberi nama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tanggal 1 Maret 1945. BPUPKI ini dipimpin oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat dan diresmikan pada tanggal 29 April 1945. Untuk persiapannya, BPUPKI melakukan sidang pertama yang menghasilkan perumusan pancasila.

Pada tanggal 7 Agustus 1945, nama BPUPKI diganti denngan nama PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Panitia ini berjumlah 21 orang dan bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Perumusan Naskah Proklamasi Indonesia

Pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, terjadi pengeboman kota Nagasaki dan Hirosima di Jepang. Peristiwa ini membuat Jepang menyerah kepada sekutu dalam Perang Dunia II pada tanggal 15 Agustus 1945.

Berita ini terdengar hingga ke Indonesia melalui radio dan Mohammad Hatta mengusulkan untuk berkumpul di Jalan Pengangsaan Timur untuk mempersiapkan detik-detik proklamasi. Rapat ini menghasilkan perbedaan pendapat dan akhirnya golongan muda mengasingkan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok.

Peristiwa Rengasdengklok ini terjadi agar Soekarno dan Hatta tidak dipengaruhi oleh Jepang. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945. Setelah itu, atas usul dari Ahmad Soebardjo, Soekarno dan Hata pergi ke rumah Laksamana Tadashi Maeda yang memiliki kedekatan dengan para tokoh Indonesia.

Kemudian dirumuskan naskah proklamasi atas sumbangan pemikiran dari Soekarno, Ahmad Soebarjo, dan Moh Hatta. Naskah ini diketik oleh Sayuti Melik yang akan diproklamirkan keesokan harinya.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pagi hari di tanggal 17 Agustus 1945, Latief Hendraningrat memerintahkan anak buahnya untuk menjaga sekitar rumah Soekarno. Sebelum pembacaan teks proklamasi, ada pengibaran bendera oleh Latief Hendraningra dan Suhud. Untuk benderanya sendiri dijahit oleh Fatmawati.

Teks proklamasi dibaca di rumah Soekarno yang terletak di Jalan Pengangsaan Timur No. 56 pada pukul 10.00 WIB. Agar seluruh masyarakat tahu kemerdekaan Indonesia, berita ini disebarluaskan melalui jaringan radio.

Nah, itulah peristiwa yang terjadi sebelum detik-detik proklamasi. Dengan mengetahui sejarah sebelum kemerdekaan Indonesia, kamu bisa termotivasi dan berupaya untuk menjaga kemerdekaan dengan perilaku yang positif.

Written by sriyadidaryanto

August 24th, 2021 at 8:06 pm

Posted in Wawasan

Leave a Reply