SD blog

all I thinks as college student

Pengertian kebebasan Finansial

without comments

Pengertian kebebasan Finansial
Sumber: produkoriflames.

Seorang pakar keuangan Amerika, Robert T. Kiyosaki berpendapat bahwa Financial Freedom atau bisa disebut kebebasan Finansial bukan di ukur dari harya yang berlimpah.  Namun definisi kebebasan finansial merupakan saat Anda merasa benar-benar bebas menjalankan yang Anda sukai tanpa beban hutang dan cicilan. Begitu banyak orang-orang di negara maju ingin sekali mencapai kebebasan finansial secara menyeluruh.

Mendefinisikan kebebasan finansial dengan begitu sederhana seperti, saat Anda bangun tidur, Anda melakukan kegiatan yang Anda suka. Dari awal  definisi kebebasan finansial adalah kegiatan sederhana, Anda tidak perlu merasakan bangun tergesa-gesa, berangkat ke tempat kerja, hanya untuk gaji yang nantinya akan digunakan membayar cicilan rumah, kendaraan, maupun kartu kredit, atau melakukan apapun yang disukai tanpa cemas.

Berikut 4 cara mencapai definisi kebebasan finansial yang disajikan untuk Anda:

1. Memulai dengan cara pikir (mindset) yang benar

Dalam mendefinisi kebebasan finansial Anda dituntut untuk memiliki sistem cara bepikir yang benar, jika Anda berpedoman pada mindset keliru tentu Anda akan kesulitan dalam mencapai kebebasan Finansial.

2. Mulai mempelajari cara-cara untuk mencapai kebebasan financial

Setiap orang harus memiliki sumber penghasilan yaitu; penghasilan aktif, penghasilan investasi dan penghasilan pasif. Namun dalam definisi kebebasan finansial kebanyakan orang hanya memaksimalkan penghasilan aktif dan hal tersebut adalah mindset yang keliru.

3. Memprioritaskan penghasilan untuk ditabung dan investasil

Banyak sekali yang keliru saat memulai untuk menabung maupun berinfestasi. Kebanyakan orang selalu ‘menyisihkan uang” untuk ditabung maupun di investasikan. Namun dalam definisi kebebasan finansial harusnya menabung dan investasi bisnis harus menjadi sebuah prioritas utama.

4. Menata anggaran keuangan dan menyiapkan Dana darurat

Kebiasaan buruk yang kerap terjadi dikalangan masyarakat luas adalah tidak memiliki anggaran dan menyiapkan dana darurat dengan begitu matang. Hal ini akan berdampak pada pengeluaran yang tidak bisa ditebak dan tidak terkontrol. Padahal pada dasarnya definisi kebebasan finansial sendiri adalah manajemen keuangan yang tertata rapi.

Pemaparan 4 cara untuk mencapai kebahagiaan kebebasan finansial dalam diri Anda. Untuk Anda yang belum terbiasa memang begitu sulit, namun Anda harus tetap disiplin untuk mewujudkan definisi kebebasan finansial yang lebih dikemudian hari.

Written by sriyadidaryanto

August 24th, 2021 at 8:28 pm

Posted in Wawasan

Leave a Reply