SD blog

all I thinks as college student

Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Integrasi Nasional

without comments

Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Integrasi Nasional

Integrasi merupakan proses yang terbentuk dalam waktu lama. Arti integrasi berdasarkan KKBI adalah pembaruan menjadi kesatuan yang utuh. Semua unsur kelompok, sosial dan budaya dalam suatu negara akan membentuk integrasi nasional yang kuat.

Konflik yang terjadi antar kelompok atau suku merupakan contoh integrasi sosial, sedangkan segala perbuatan atau tindakan kelompok tertentu yang ingin mengacaukan kesatuan NKRI adalah contoh konflik integrasi nasional.

Faktor Yang Mendukung Terciptanya Integrasi Nasional

Setiap warga negara Indonesia wajib mengetahui arti integrasi dan faktor pendukung yang bisa mewujudkan hal tersebut. Terbukti integrasi nasional yang kuat tidak akan terpengaruh oleh tindakan oknum tertentu. Demi mendorong perwujudan integrasi nasional yang bagus, berikut faktor pendukung yang harus dimiliki masyarakat Indonesia secara keseluruhan :

1. Memiliki rasa senasib dan seperjuangan

Pada masa penjajahan sejak berabad-abad silam, rakyat Indonesia membuang perbedaan SARA demi mendapatkan kemerdekaan bangsa. Rasa senasib dan seperjuangan berhasil mengusir bangsa penjajah dari bumi tercinta. Di era modern, rasa senasib dan seperjuangan harus tetap dipertahankan demi menjaga stabilitas nasional.

2. Memaknai ideologi Pancasila dengan baik

Bukti bahwa setiap warga negara harus memaknai ideologi Pancasila dengan baik adalah mengimplementasikan setiap unsur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Saling menghormati kepercayaan orang lain, menghargai, tolong menolong, gotong royong, dan contoh konkrit mengaplikasikan nilai Pancasila yang lain.

3. Memiliki rasa bersatu yang kuat

Komunikasi yang semakin pesat, transportasi ke berbagai daerah, perkawinan silang, dan kegiatan lain yang bersifat mempersatu bangsa merupakan faktor pendukung integrasi nasional. Arti integrasi telah melekat dalam jiwa setiap warga negara Indonesia sehingga tidak terjadi konflik yang bisa menghambat proses tersebut.

4. Mengantisipasi ancaman dari luar negara

Peningkatkan solidaritas setiap orang dalam menghadapi setiap kejadian bersama merupakan wujud mendukung integrasi nasional dengan baik. Antisipasi ancaman dari luar yang bisa merusak persatuan bangsa harus dilakukan sedini mungkin. Bahaya globalisasi dan kebudayaan asing yang mengancam atau merusak kebudayaan sendiri harus diperhatikan lebih optimal.

Faktor pendukung integrasi nasional tidak akan bisa terealisasikan dengan baik kalau warga negara tidak memiliki kesadaran diri. Selain itu, faktor yang menghambat integrasi nasional bisa berasal dari kurang penghargaan terhadap kemajemukan bangsa, konflik sosial, intoleransi, dan lain-lain. Sudah sepatutnya setiap warga negara memiliki pemahaman yang baik agar arti integrasi nasional bisa terwujud dengan baik.

Written by sriyadidaryanto

November 9th, 2020 at 1:04 pm

Posted in Wawasan

Leave a Reply