SD blog

all I thinks as college student

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian ENTP (Pendebat)

without comments

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian ENTP (Pendebat)

Kepribadian ENTP (pendebat) merupakan ia yang memiliki kepribadian ekstrovert, intuition, thinking, dan perceiving. Tipe ENTP biasanya memiliki intuisi untuk mendapatkan ide dari lingkungan sekitarnya. Ia mampu memutuskan suatu hal dengan melihat situasi sekitarnya.

ENTP merupakan orang yang peduli dengan lingkungan. Ia juga orang yang peduli pada orang lain yang akan membuatnya menjadi orang yang disegani di lingkungannya.

Ciri-Ciri ENTP

ENTP merupakan orang yang visioner dan memiliki pandangan luas. Tipe ini juga mudah beradaptasi pada segala hal. Jika ia tertarik pada suatu hal, ia akan berusaha keras mempelajarinya.

Meskipun begitu, ENTP termasuk orang yang kurang bisa merealisasikan ide yang dimilikinya. Ia tidak segan meninggalkan ide tersebut, karena sudah tidak tertarik untuk merealisasikannya.

Ia akan tertarik pada setiap informasi yang baru. Hanya saja, ia tidak tertarik membuat keputusan dan cukup logis ketika harus menyelesaikan masalah. ENTP juga tertarik pada konsep dan tantangan yang sulit. Inilah yang membuat dirinya mampu membuat solusi kreatif di sekitarnya.

Pada dasarnya, kepribadian ENTP (pendebat) adalah orang yang berorientasi pada proyek. Ia mampu menjadi orang yang kreatif dan memiliki banyak ide. Di lingkungan sekitarnya, ENTP juga mampu bersosialisasi dengan baik.

Kekuatan ENTP

Tipe ENTP memiliki pemikiran yang fleksibel. Hal ini ditunjang dengan pengetahuan dan kreativitas pada dirinya. Ia mampu berpindah dari ide satu ke ide yang lainnya. Hal ini yang membuat ENTP memiliki cara yang unik untuk menggugah orang lain bicara. Ia dapat berpikir dengan cepat dan membuat orang lain tertarik untuk berkomunikasi dengannya.

Jadi si ENTP ini cocok buat jadi teman minum kopi dan curhat atau ambil cerita tentang pengalaman hidup.

Kelemahan ENTP

Karena ingin mempertahankan idenya, ENTP akan memperdebatkan hingga habis energinya. Ia akan mengeluarkan argumentasinya dan tidak mempedulikan perasaan lawan debatnya.

Selain itu, ENTP adalah orang yang kurang toleran. Tidak hanya dalam berdebat, ia tidak akan mempedulikan orang yang kurang sesuai dengan pandangan yang dianutnya.

Biasanya ENTP cocok untuk menjadi seorang psikolog, konsultan, ilmuwan, pengacara, atau marketing. Jangan lupa untuk mengecek kepribadianmu melalui tes MBTI agar mengetahui apakah kamu termasuk kepribadian ENTP (pendebat) atau bukan.

Written by sriyadidaryanto

November 9th, 2020 at 12:55 pm

Posted in Kehidupan

Leave a Reply