SD blog

all I thinks as college student

Mengenal Syarat-Syarat Karya Ilmiah

without comments

Mengenal Syarat-Syarat Karya Ilmiah
Sumber: Fajar.co.id

Bagi para pelajar, mahasiswa ataupun orang-orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan mungkin sudah tidak asing dengan karya ilmiah. Dimana karya ilmiah secara umum memiliki arti sebagai jenis karya tulis yang disusun berdasarkan dari hasil penelitian yang telah memenuhi syarat-syarat karya ilmiah tertentu serta dipergunakan untuk tujuan tertentu.

Untuk para pemula yang belum pernah menyusun karya ilmiah, sebaiknya sangat penting mengetahui apa saja persyaratan dalam pembuatan karya ilmiah.

Syarat-Syarat Karya Ilmiah Bagi Pemula 

Sebuah karya ilmiah menyajikan fakta secara umum serta ditulis berdasarkan metodologi penulisan yang benar. Selain itu, karya ilmiah juga ditulis sesuai dengan fakta serta bisa dibutkikan kebenarannya. Sedangkan penulisannya menggunakan bahasa yang konkret, formal, ditunjang oleh fakta umum serta kata-kata keren dan teknis. Dalam pembuatan sebuah karya ilmiah, sebaiknya harus memenuhi beberapa syarat-syarat karya ilmiah antara lain sebagai berikut:

1. Objektif

Syarat karya ilmiah yang pertama yaitu objektif yang mana data yang telah diperoleh dari lapangan harus dilaporkan serta dianalisa secara objektif. Proses tersebut sebaiknya dilakukan dengan teliti, benar, tanpa prasangka serta apa adanya.

2. Sopan dan Rendah Hati

Sopan dan rendah hati termasuk dalam syarat-syarat karya ilmiah untuk penggunaan kalimat dan kata-kata yang dipakai. Dalam hal ini kalimat atau kata yang dipakai tidak bersifat menggurui para pembacanya. Dengan demikian tulisan karya ilmiah bakal berprospek berbicara secara lebih objektif.

3. Jujur

Data atau pendapat yang diperoleh haruslah disebutkan secara jelas sumbernya sesuai dengan aturan dunia ilmiah. Hindari menjiplakan penemuan atau pendapat orang lain karena hal ini sangat dilarang keras dalam penyusunan karya ilmiah.

4. Tegas, Jelas, Singkat, Teliti dan Sederhana

Syarat-syarat karya ilmiah berikutnya yaitu menggunakan kalimat-kalimat yang jelas dan tegas. Sedangkan jika ada istilah atau kata-kata asing maka perlu diberikan keterangan yang lebih jelas dan tepat.

5. Kontinyu, Kompak dan Lancar

Sebuah karya ilmiah disusun dengan sekompak mungkin, kontinyu dan lancar supaya mudah dimengerti pembaca dengan bahasa yang cantik namun tetap baku. Jika muncul pemikiran secara ilmiah maka hasil kesimpulannya akan diambil sesuai dengan alasan-alasan rasional yang dapat dipertanggungjawabkan.

Penyusunan sebuah karya ilmiah haruslah memperhatikan syarat-syarat karya ilmiah. Supaya karya ilmiah tersebut mudah dimengerti serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan demikian karya ilmiah yang telah dibuat akan mendatangkan manfaat bagi para pembaca.

Written by sriyadidaryanto

February 14th, 2021 at 8:53 pm

Posted in Wawasan

Leave a Reply