SD blog

all I thinks as college student

Mengenal Manfaat Adanya Pajak NPWP

without comments

Mengenal Manfaat Adanya Pajak NPWP

Seperti yang telah diketahui bahwa membayar pajak merupakan kewajiban bagi setiap warga negara. Dimana uang dari pajak tersebut salah satunya akan digunakan untuk menyejahterakan rakyat dengan memberi subsidi, membangun infrastruktur dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan pajak, maka warga negara yang termasuk wajib pajak maka sebaiknya harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Akan tetapi sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaat pajak NPWP. Untuk itulah dalam artikel ini akan dijelaskan manfaat adanya pajak dari NPWP tersebut.

Manfaat Adanya Pajak NPWP

Selama ini mungkin sebagian dari Anda masih belum begitu memahami kenapa perlu membayar pajak NPWP. Untuk menambah wawasan Anda sekaligus membuat Anda menjadi warga negara yang taat pajak maka berikut beberapa manfaat adanya pajak dari NPWP yang perlu Anda ketahui:

1. Menghindari Sanksi Pidana

Berdasarkan Pasal 39 UU Nomor 28 tahun 2007 mengenai ketentuan umum dan tata cara perpajakan disebutkan bahwa warga negara yang sudah memenuhi persyaratan subjektif maupun objektif namun tidak mempunyai NPWP maka akan terancam pidana penjara minimal 6 bulan dan maksimal 6 tahun.

2. Mengajukan Kredit ke Bank

Saat mengajukan kredit ke bank, biasanya pihak bank akan membutuhkan dokumen persyaratan salah satunya yaitu kartu pajak atau NPWP. Dimana NPWP tersebut akan dijadikan sebagai jaminan dalam mencairkan dana. Selain itu, NPWP tersebut juga berfungsi sebagai identitas pihak peminjam saat bank melakukan pemotongan PPh atas bunga pinjaman.

3. Pengajuan dan Pembuatan SIUP

NPWP adalah salah satu persyaratan dalam mengajukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang diberikan oleh pemerintah daerah setempat.

4. Menghindari Tarif Pajak yang Tinggi

Bagi Anda yang belum terdaftar dalam pajak NPWP maka Anda akan menyesal karena terkena PPh Pasal 21 yang mana besar pajak yang harus Anda bayar lebih besar 20% dibanding mereka yang sudah memiliki NPWP. Sedangkan untuk tarif PPh Pasal 23 besarnya dua kali lipat.

5. Pembuatan Paspor

Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri dan harus membuat paspor maka salah satu persyaratannya yaitu memiliki NPWP.

6. Melamar Pekerjaan

Beberapa perusahaan seperti BCA, Djarum, Tokopedia, dll ada yang mempersyaratakan kepemilikan NPWP bagi calon pelamar di perusahaan tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa pajak NPWP memiliki manfaat yang begitu besar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian jangan ragu untuk segera mendaftar NPWP terutama bagi Anda yang sudah termasuk sebagai wajib pajak.

Written by sriyadidaryanto

September 6th, 2021 at 8:07 pm

Posted in Bisnis,Wawasan

Leave a Reply