SD blog

all I thinks as college student

Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

without comments

Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga
Sumber: liputan6.com

Sebagian orang yang gemar berolahraga selalu berupaya untuk meningkatkan kinerja dengan stimulan. Umumnya, stimulan bisa diperole dari susu atau suplemen. Hanya saja, terkadang stimulan buatan ini bisa menyebabkan efek samping. Sebagai gantinya, banyak orang yang memilih kopi sebagai ganti penambah energi. Selain itu, minum kopi sebelum olahraga ternyata juga bagus untuk kesehatan. Adapun manfaat dari minum kopi sebelum olahraga adalah:

1. Meningkatkan sistem metabolisme

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan laju metabolisme, yang mana tubuh akan membakar atau menggunakan energi. Kopi sering dikaitkan dengan laju metabolisme yang dapat meningkat secara signifikan selama meminum kafein dan akan berlangsung dalam3 jam.

2. Meningkatkan kinerja olahraga

Kafein yang terkandung di dalam kopi juga efektif untuk membantu peningkatan berbagai kinerja ketika diminum dalam dosis sedang atau rendah. Meminum kopi sebelum olahraga mampu memberikan manfaat dalam kemampuan berolahraga.

Kopi akan merangsang tubuh memakai lemak yang tersimpan selama olahraga, bukan gula atau glikogen otot. Hal ini memungkinkan pemakaian otot mampu bekerja dalam waktu yang cukup lama.

3. Meningkatkan konsentrasi

Kopi merupakan minuman nikmat yang terbukti mampu meningkatkan fokus. Kandungan kafein di dalam kopi bisa menjadi stimulan alami yang akan meningkatkan fungsi otat serta memberikan dampak positif bagi area otak untuk bertanggung jawab dalam berkonsentrasi dan menyimpan memori. Ketika konsentrasi Anda lebih tajam, maka olahraga yang Anda jalani akan lebih efektif dan produktif.

4. Mengurangi nyeri otot

Mengkonsumsi 2 gelas kopi bisa mengurangi resiko nyeri otot sesudah berolahraga. Manfaat ini sangat bagus untuk orang dewasa yang aktif dan khawatir akan merasa nyeri otot sesudah melakukan aktivitas olahraga yang intens.

Minum kopi sambil nostalgia dan bersantai ternyata bermanfaat juga ya buat kesehatan.

5. Membantu membakar lemak

Kadar kafein yang tinggi pada kopi mampu meningkatkan pembakaran lemak secara signifikan ketika Anda berolahraga. Disamping itu, minum kopi pada pagi hari bisa membuat Anda lebih sedikit mengkonsumsi kalori siang harinya, sebab kafein dianggap bisa menekan nafsu makan.

Demikian ulasan mengenai manfaat minum kopi sebelum olahraga yang sebaiknya Anda ketahui. Anda bisa meminum 1-2 gelas kopi setiap harinya untuk memperoleh manfaat seperti yang sudah disebutkan diatas.

Written by sriyadidaryanto

September 6th, 2021 at 8:22 pm

Posted in Kesehatan

Leave a Reply