SD blog

all I thinks as college student

“Mahasiswa Kritis” Sebuah Tuntutan Saat Memasuki Bangku Perkuliahan

without comments

“Mahasiswa Kritis” Sebuah Tuntutan Saat Memasuki Bangku Perkuliahan
Sumber: pbc-cork.ie

Inilah salah satu tuntutan yang bakalan digembor-gemborkan di saat Kamu sedang menjalani kegiatan OPSPEK. Di sini, Kamu bakalan mendengar berulang kali kakak tingkatmu yang akan menyerukan untuk menjadi sosok mahasiswa kritis. Menyikapi hal tersebut, tidak sedikit mahasiswa yang paham maksud dari istilah tersebut. Lantas, bagaimana sesungguhnya menjadi mahasiswa kritis itu?

Langkah jitu jadi mahasiswa kritis

Disebutkan bahwa menjadi mahasiswa kritis bukanlah hal yang mudah. Dalam hal ini, Kamu wajib memiliki pemahaman yang mendalam. Jangan asal ngomong dan berusaha mengkritisi berbagai fenomena yang terjadi di bangku kuliah. Jika Kamu tetap seperti ini, bisa jadi Kamu bakalan hancur. Jika Kamu tertarik ingin mengembangkan kemampuan analisa untuk menjadi mahasiswa kritis, berikut beberapa hal yang perlu Kamu lakukan.

  1. Jadilah sosok yang open minded. Inilah yang perlu Kamu tanamkan pada dirimu ketika Kamu ingin menjadi mahasiswa kritis. Seseorang yang open minded nantinya akan berusaha menggali berbagai informasi dari berbagai sumber untuk dibandingkan satu dengan lainnya. Dari sinilah kemudian Kamu mendapatkan suatu pengetahuan baru yang sangat kuat untuk dijadikan sebagai landasan dalam mengkritisi berbagai hal.
  2. Lagi-lagi, Kamu harus rajin membaca jika memang ingin menjadi mahasiswa kritis. Banyak hal yang bakalan Kamu dapatkan ketika Kamu meluangkan waktu untuk membaca. Tidakkah Kamu ingat bahwa Nabi Muhammad menerima wahyu yang pertama ketika diminta oleh Malaikat Jibril untuk membaca. Dari sinilah kemudian semua ilmu pengetahuan terbuka dan sangat mudah untuk dikuasai.
  3. Pastikan Kamu juga cerdas dalam memilih pergaulan karena opsiku pergaulan sangat penting dalam kehidupan. Saat Kamu berkeinginan menjadi mahasiswa kritis, cobalah untuk mendekatkan diri dengan mereka yang notabene termasuk golongan intelektual. Mereka yang intelek memiliki pemikiran yang sangat tinggi dalam menyikapi berbagai hal dan inilah yang kemudian akan menjadi batu lancatan Kamu untuk menjadi sosok yang kritis.

Jadi, jangan pernah Kamu mengaku sok-sokan kritis dengan berusaha mengkritisi semua hal. Bisa jadi pemikiran semacam ini akan menjerumuskan Kamu dalam berbagai masalah. Oleh sebab itu, bagi Kamu yang menghendaki ingin menjadi mahasiswa kritis, pastikan Kamu mencoba menerapkan hal tersebut di atas sekaligus juga memperbanyak diskusi dan turut serta dalam suatu organisasi. Dengan cara ini, keinginan menjadi mahasiswa kritis bisa Kamu capai.

Written by sriyadidaryanto

March 11th, 2021 at 2:24 pm

Posted in ngampus

Leave a Reply