SD blog

all I thinks as college student

Kisah Hidup Inspiratif Abraham Lincoln

without comments

Kisah Hidup Inspiratif Abraham Lincoln
Sumber: Inc.com

Kisah hidup Abraham Lincoln, yang merupakan presiden Amerika Serikat ke 16 yang penuh inspiratif dan nilai-nilai edukasi. Sebuah perjuangan yang tak mudah untuk menjadi tokoh besar dalam negerinya.

Perjuangan dalam menghapus perbudakan dan juga menyatukan bangsa yang telah terpecah belah. Kegagalan demi kegagalan mampu ditakhlukkannya. Beliau telah berkali-kali jatuh namun tetap bangkit dengan membangun keyakinan yang jauh lebih besar. Beberapa kegagalan yang dialami dalam kisah hidup Abraham Lincoln diantaranya:

  1. Tahun 1831 mengalami bangkrut dalam usahanya.
  2. Tahun 1832 kalah dalam pemilihan lokal.
  3. Tahun 1833 mengalami bangkrut kembali dalam usahanya.
  4. Tahu 1835 istrinya meninggal.
  5. Tahun 1836 mengalami stress berat hingga hampir dibawa ke rumah sakit jiwa.
  6. Tahun 1842 mengalami kekalahan kembali pada pemilihan kongres Amerika Serikat.
  7. Tahun 1848 mengalami kekalahan kembali sebagai wakil.
  8. Tahun 1858 mengalami kekalahan kembali menjadi senat Amerika Serikat.

Namun, pada tahun 1860 Abraham Lincoln mencapai kemenangan cantik dan menjadi presiden Amerika Serikat. Kegagalan yang dialaminya itu mengajarkannya untuk bangkit, seperti pepatah “mengapa Kita bisa jatuh?” Karena jatuh itu mengajarkan Kita untuk bangkit.

Mungkin sebelumnya Lincoln pernah frustasi dengan semua ujian dan hambatan yang dialami dalam hidupnya. Namun, jiwa pantang menyerah lebih besar dalam jiwanya, dan Lincoln tidak akan membiarkan semua yang telah diperjuangkannya sia-sia. Karena, orang yang mencapai kesuksesan tidak akan mudah pasrah dan putus asa, namun kegagalan akan menjadikannya lebih tegar dari sebelumnya.                                                                                                                                                                                                

Kisah hidup Abraham Lincoln juga penuh dengan kesabaran dalam mewujudkan semua mimpinya. Baginya, mimpi itu tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga bermanfaat untuk orang lain.

Pernyataan yang beliau sampaikan adalah “sebagaimana diriku tak ingin menjadi budak dan aku juga tak ingin menjadi tuan”. Kata kata bijak sabar ini menunjukkan bahwa kisah hidup Abraham Lincoln penuh empati terhadap sesama. Semua hambatan mati-matian Ia perjuangkan demi kemaslahatan banyak orang disekelilingnya. Inilah jiwa pemimpin yang mampu seharusnya dijadikan suri tauladan.

Written by sriyadidaryanto

March 29th, 2021 at 10:56 am

Posted in Motivasi

Leave a Reply