SD blog

all I thinks as college student

Keuntungan Menjadi Mahasiswa Aktif di Kelas

without comments

Keuntungan Menjadi Mahasiswa Aktif di Kelas

Menjadi mahasiswa aktif di kelas akan memberikan kamu keuntungan yang beragam. Meskipun terkadang susah dilakukan, apalagi jika mata kuliah yang diberikan susah ataupun dosen galak, kamu tetap akan memperoleh manfaat jika aktif di kelas. Nah, berikut ini beberapa keuntungan jika kamu aktif di kelas.

1. Menjadi paham materi yang diajarkan

Ketika kamu aktif di kelas, pastinya kamu akan lebih paham materi yang sudah diajarkan oleh dosen. Seperti kata pepatah bahwa ‘malu bertanya sesat di jalan’, itulah perumpaman jika kamu tidak aktif di kelas. Kamu akan kesulitan dalam belajar dan tentunya hal ini akan berdampak pada IPK.

2. Lebih dikenal dosen

Ketika kamu sering aktif, dosen akan mengingat kamu sebagai mahasiswa yang aktif. Hal ini tentunya akan bermanfaat untukmu. Bahkan beberapa dosen akan mengajak mahasiswa yang aktif untuk melakukan penelitian bersama dan terkadang juga memberi kesempatan untuk menjadi asisten dosen.  

3. Membantu mendapatkan nilai lebih

Beda dengan cari muka yang sering dilontarkan sebagai kata sindiran kepada mahasiswa yang aktif dikals, mehasiswa yang aktif berusaha selalu menberi yang terbaik dan merespon bimbingan dosen dengan baik.

Ketika kuliah, tentunya kamu ingin mendapatkan nilai yang bagus bukan? Nah, menjadi mahasiswa aktif di kelas bisa menjadi salah satu cara terbaik. Dengan aktif di kelas, dosen akan memberi tanda keaktifanmu. Hal ini tentunya akan menjadi nilai plus bagi kamu yang bisa mendongkrak nilai mata kuliah yang diikuti.

4. Membantu teman yang malu bertanya

Terkadang, ada teman yang ingin bertanya tapi malu dan enggan. Jika kamu bertanya kepada dosen, bisa saja pertanyaan yang kamu berikan sama seperti yang ingin ditanyakan temanmu. Hal ini akan membantu temanmu untuk lebih paham pada materi yang dosen berikan.

5. Sebagai latihan untuk lebih percaya diri

Selain melatih kamu berpikir kritis, aktif di kelas juga akan membantu melatih rasa percaya diri. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk kehidupanmu saat menjalani masa perkuliahan saja. Rasa percaya diri yang semakin terlatih akan berimbas pada kehidupanmu kelak saat sudah memasuki dunia kerja.

Menjadi mahasiswa aktif di kelas akan memberikan banyak keuntungan. Untuk itulah, perlu latihan berkomunikasi yang baik dan mengelola emosi, agar keaktifan kamu di kelas memberikan dampak positif dalam diri kamu.

Written by sriyadidaryanto

March 1st, 2021 at 8:07 am

Posted in ngampus

Leave a Reply