SD blog

all I thinks as college student

Jangan Menyerah Dulu, Baca 3 Motivasi untuk Mahasiswa Baru Ini

without comments

Jangan Menyerah Dulu, Baca 3 Motivasi untuk Mahasiswa Baru Ini

Bagi sebagian orang, menjadi mahasiswa adalah momen yang paling dinantikan namun juga mendebarkan. Ada banyak hal yang membuat fase ini menyenangkan sekaligus membuat khawatir, seperti lingkungan baru, teman baru, tanggung jawab lebih besar, dan lainnya.

Namun, kamu tidak perlu merasa terlalu khawatir karena akan ada banyak pengalaman berharga yang akan diperoleh selama menjadi mahasiswa. Berikut ini ada sejumlah tips dan motivasi untuk mahasiswa baru agar kamu lebih bersemangat.

1. Ingat Tujuan

Tidak semua orang merasa excited bertemu suasana dan lingkungan belajar yang baru. Apakah kamu salah satunya?

Sebagian mahasiswa baru merasakan bahwa kuliah dan bertemu dengan banyak orang baru membuatnya merasa tidak nyaman. Hal ini bisa berdampak pada konsentrasi kamu dalam menerima pelajaran dari dosen, belajar melalui situs online seperti skola.id dan kegiatan belajar lainnya.

Jika rasa malas atau insecure datang menghampiri, ingat kembali apa tujuan kamu kuliah karena tidak ada orang malas yang bisa sukses.

2. Bersyukur

Motivasi untuk mahasiswa baru selanjutnya adalah jangan lupa untuk selalu bersyukur. Kamu harus ingat, bahwa tidak semua orang itu seberuntung kamu yang dapat merasakan duduk di bangku perkuliahan.

Bersyukur terhadap apa saja yang kamu dapatkan dan alami akan membantu kamu untuk tetap fokus dan semangat belajar.

3.  Memberi Reward untuk Diri Sendiri

Hal lain yang tidak kalah penting untuk membuat kamu termotovasi adalah memberi penghargaan pada diri sendiri setiap berhasil melakukan suatu hal.

Misal kamu ada ujian tengah semester, jika nilai UTS kamu bagus maka kamu berhak menerima reward atau penghargaan. Reward ini bisa berbentuk aktivitas, benda, atau apapun yang kamu suka.

Selain ujian atau tugas, reward untuk diri sendiri ini bisa kamu terapkan untuk hal apapun yang kamu anggap sebagai suatu tantangan.

Penghargaan untuk diri sendiri ini sangat direkomendasikan supaya kamu bisa termotivasi, bersemangat, dan terbiasa untuk mengerjakannya.

Dalam psikologi, hal ini disebut dengan reinforcement dan punishment yang bertujuan untuk membentuk suatu perilaku yang dinginkan. Jadi, kamu hanya akan memperoleh apa yang kamu inginkan jika berhasil menyelesaikannya dengan baik.

Apakah kamu sudah bersemangat kembali untuk menjalani hari-hari di kampus setelah membaca motivasi untuk mahasiswa baru ini? Jangan mudah menyerah dan buktikan jika kamu adalah orang yang kuat. Semangat!

Written by sriyadidaryanto

March 1st, 2021 at 7:50 am

Posted in ngampus

Leave a Reply