SD blog

all I thinks as college student

Jadi Mahasiswa Baru, Ikuti 5 Kiat Menjadi Mahasiswa yang Kritis Ini

without comments

Jadi Mahasiswa Baru, Ikuti 5 Kiat Menjadi Mahasiswa yang Kritis Ini

Menjadi mahasiswa berbeda dengan pelajar sekolah. Sebagai mahasiswa, kamu tidak hanya bergelut dengan pelajaran sekolah dan mengejar nilai semata, melainkan juga berperan sebagai agen perubahan. Idealnya, mahasiswa memiliki sifat kritis, humanis, dan inovatif. Lalu, bagaimana menjadi mahasiswa yang kritis? Ikuti tips-tips berikut.

1. Berpikiran Terbuka

Mahasiswa harus berpikiran terbuka terhadap berbagai permasalahan. Cara membuka pikiran yaitu dengan mengasah kepekaan terhadap lingkungan dan mau mengevaluasi diri. Selain itu, kamu perlu belajar menerima pemikiran orang lain dengan terbuka dan haus ilmu. Dengan pemikiran terbuka, kamu bisa memandang suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang, berfikir kritis, dan kreatif.

2. Rajin Membaca Buku

Membaca merupakan salah satu cara yang efektif untuk memperoleh informasi. Jika kamu rajin membaca, otak akan lebih aktif dan mudah mengingat sesuatu. Di samping membaca juga dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas, serta memperluas wawasan.

3. Perhatikan Lingkungan Pergaulan

Seperti kata kata anak motor dimana pergaulan sangat menentukan bagaimana karakter dan cara berpikirmu. Jika berada di lingkungan teman-teman yang malas, kamu akan terpengaruh kemalasan mereka. Sebaliknya jika bergaul dengan teman-teman yang rajin, kritis, berwawasan luas, dan senang mempelajari hal-hal baru, kamu pun akan menjadi mahasiswa yang kritis seperti mereka.

4. Aktif Berdiskusi

Kegiatan sehari-hari mahasiswa tentu bukan hanya nongkrong dan foto foto cantik bak jelita, karena dunia perkuliahan penuh dengan tugas yang padat sehari-hari. Dari banyaknya diskusi yang diikuti, kamu akan mendapatkan ilmu-ilmu baru yang belum pernah diperoleh. Diskusi juga dapat menjadi sarana bertukar pikiran dalam memecahkan suatu masalah atau mencari penjelasan di balik suatu fenomena. Dengan demikian, ketika berdiskusi kamu dituntut untuk berpikir kritis dan objektif. Saat ini, kegiatan diskusi pun tak harus dilakukan secara tatap muka, melainkan juga dapat melalui forum-forum yang ada di internet.

5. Berorganisasi

Ketika aktif di organisasi kamu akan berlatih bertanggung jawab, mengasah mental, membentuk jiwa kepemimpinan, memperluas pergaulan, menambah pengalaman, dan menajamkan pikiran. Pasalnya, di organisasi kamu akan dilibatkan dalam berbagai persoalan yang menuntut pikiran kritis dalam menyelesaikannya.

Itulah lima tips menjadi mahasiswa yang kritis yang harus kamu perhatikan. Sebagai mahasiswa, apalagi yang masih baru, membentuk sifat kritis sangat penting untuk pengembangan dirimu.

Written by sriyadidaryanto

March 11th, 2021 at 7:07 am

Posted in ngampus

Leave a Reply