SD blog

all I thinks as college student

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kelemahan Kepribadian INFP (Mediator)

without comments

Kepribadian INFP (mediator) merupakan orang yang idealis, terdiri dari introvert, intuiting, feeling, dan perceiving. Tipe ini akan memegang teguh pendiriannya, setia pada orang yang dikasihinya dan tidak munafik.

INFP biasanya juga akan membuat lingkungan yang ditinggalinya menjadi lebih baik. Tipe ini juga merupakan seorang perfeksionis yang ingin selalu menemukan kebenaran, meski belum sepenuhnya diketahui.

Ciri-Ciri INFP

INFP merupakan pendengar yang baik. Ia bisa menempatkan diri untuk berkomunikasi dan membuat orang lain nyaman dengannya. Tipe ini juga mampu mengendalikan emosi dan selalu peduli dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Tipe ini termasuk jenis orang yang menjauhi konflik. Meski begitu, INFP mampu diandalkan untuk menjadi mediator suatu konflik.

Meski termasuk seorang perfeksionis, INFP cenderung akan menekan dirinya sendiri dan kurang bisa memberikan penghargaan untuk dirinya sendiri. INFP juga akan memberikan standar yang tinggi ketika bekerja tim. Hal ini justru akan membuat masalah dan pertikaian dengan anggota tim lain. Maka dari itu, INFP cenderung lebih menyukai bekerja individu dibanding bekerja dalam tim.

Biasanya kepribadian INFP (mediator) merupakan orang yang menyukai keramahan orang lain. Ia akan loyal pada orang tersebut, bahkan bisa saja mendahulukan kepentingan orang tersebut.

Kekuatan INFP

Pada dasarnya INFP merupakan orang yang kreatif. Ia mampu mengombinasikan intuisi dan pikiran terbukanya. INFP mampu melihat dari sudut pandang yang lain. inilah yang membuat INFP cocok menjadi penulis atau penyair.

Tipe INFP akan mendedikasikan dirinya untuk hal yang dipercayainya. Ia akan mengerahkan seluruh energi dalam dirinya untuk orang yang meminta bantuannya.

Kelemahan INFP

INFP merupakan tipe orang yang memiliki idealisme tinggi. Hal ini kadang yang membuatnya tidak puas dengan orang di sekitarnya, termasuk pasangannya sendiri. INFP juga merupakan orang yang egois untuk membantu seseorang yang lain, tapi abai pada dirinya sendiri.

Karena cenderung mengandalkan perasaan, INFP kurang menyukai hal yang berhubungan dengan data. Ketika idealismenya tidak sesuai dengan intuisi, ia akan berontak pada masalahnya tersebut.

Kepribadian INFP (mediator) cocok dalam bidang pekerjaan seperti jurnalis, penulis/pengarang, ataupun editor. Kamu bisa melakukan tes MBTI untuk mengetahui kepribadian yang paling sesuai.

Written by sriyadidaryanto

December 15th, 2020 at 2:34 am

Posted in Kehidupan

Leave a Reply