SD blog

all I thinks as college student

4 Tipe Kepribadian Menurut Ilmu Psikologi

without comments

Apakah kamu sudah mengenali kepribadianmu sendiri? Nah, dari sisi psikologi sendiri ada 4 tipe kepribadian pada diri manusia. Bagaimana ciri-ciri nya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini ya?

1.  Sanguinis

Sanguinis lebih dikenal sebagai pribadi yang ceria, ringan, dan optimis. Orang dengan tipe sanguinis ini akan selalu bersemangat dan bersikap ramah pada setiap orang yang ditemuinya, termasuk orang yang baru dikenal.

Sanguinis lebih mengutamakan perasaannya dibanding dengan pemikiran. Sehingga tipe sanguisi lebih dikenal sebagai orang kreatif. Sayangnya, tipe ini cenderung lebih senang mencari kesenangan. Hingga tak jarang membuatnya merasa bosan dan bisa mempengaruhi kehidupan perihal cinta.

2.  Koleris

Koleris terkenal sebagai orang yang cerdas, logis, dan analitis. Koleris biasanya lebih menyukai pembicaraan yang mendalam dibandingkan dengan pembicaraan yang singkat. Tipe ini juga cenderung lebih suka menyendiri ataupun berkumpul dengan teman yang memiliki minat sama.

Beberapa orang mengatakan jika tipe koleris merupakan orang yang keras kepala dan mudah marah. Sering juga menyebut bahwa tipe koleris sering tidak sabar dan suka keributan.

3.  Melankolis

Salah satu 4 tipe kepribadian adalah melankolis. Seorang melankolis merupakan orang yang kreatif dan analitis. Meski begitu, terkadang tipe ini sering meremehkan diri sendiri, padahal punya kelebihan yang tidak dimiliki orang lain dan dirinya tidak seburuk apa yang dipikirkannya.

Tipe melankolis cenderung tidak menyukai hal baru dan lebih menyukai tradisi yang sudah ada. Tetapi, tipe ini memiliki jiwa sosial yang tinggi dan sangat teliti ketika bergabung pada suatu komunitas atau bekerja dalam bisnis kekinian.

4.  Plegmatis

Plegmatis dikenal sebagai pribadi yang cinta damai. Tipe plegmatis tidak menyukai keributan dan cenderung menghindari konflik. Pribadi ini akan berusaha menengahi pertengkaran dan menciptakan perdamaian.

Orang dengan tipe plegmatis cenderung akan mencari keharmonisan dalam hubungan. Bisa dibilang tipe plegmatis merupakan orang yang setia dan sayang keluarga. Selain itu, tipe plegmatis merupakan orang yang mempunyai rasa humor atau humoris dan suka membuat lucu hingga orang-orang di sekitarnya tertawa.

Nah, dari 4 tipe kepribadian di atas manakah yang merupakan tipe kepribadianmu? Analisis sendiri ya berdasarkan sifat dominan yang kamu miliki.

Written by sriyadidaryanto

December 15th, 2020 at 2:22 am

Posted in Kehidupan

Leave a Reply