SD blog

all I thinks as college student

7 Tips (Panduan) bagi Introvert untuk Menghadiri Pesta di Kantor atau Tempat Bekerja

without comments

Kegiatan Pesta Akhir Tahun di Kantor

Foto: infojakarta.net

Postingan ini merupakan cerita dari pengalaman saya sebagai seorang introvert khususnya saat libur akhir tahun 2017 kemarin.

Desember tiba dan itu secara resmi “musim liburan” (liburan akhir tahun). Ini juga berarti serangan undangan dan pesta kantor yang banyak orang introvert merasa tidak nyaman atau bahkan tidak suka menghadirinya.

Banyak alasan kenapa orang introvert seperti saya tidak nyaman saat mengikuti acara pesta, salah santunya karena acara pesta biasanya didominasi oleh keramaian ditambah lagi bila acara pesta mengundang artis terkenal seperti syahrini tentu pesta menjadi ramai seperti tanpa kendali.

profil syahrini lengkap

Sementara banyak bisnis memilih keluar dari perayaan pesta liburan yang rumit karena mereka merasakan perputaran anggaran akhir tahun, kebanyakan kantor akan mencoba melakukan sesuatu untuk menandai akhir tahun bersama sebagai cara untuk berterima kasih kepada karyawan.

Jika Anda telah memilih untuk mengatasinya melalui pesta liburan kantor Anda, berikut adalah beberapa tips untuk membantu memastikan bahwa Anda akan bersenang-senang, terlepas dari kecenderungan introvert Anda.

1. Bergabunglah

Bergabunglah secara sukarela dengan panitia dekorasi atau perencanaan. Ini akan membantu Anda merasa bahwa Anda adalah bagian dari acara tersebut dan memberi Anda sesuatu untuk dibicarakan dengan kolega Anda saat pesta dimulai.

Tanyakan kepada mereka apa pendapat mereka tentang bintang tamu yang disiapkan, obrolan anda bisa sekitar biodata justin bieber lengkap bila pesta kantor anda mengundang penyanyi atau public figure lainnya.

2. Rencanakan

Jika acara akan diadakan di tempat yang tidak biasa, kunjungilah tempat tersebut terlebih dahulu. Anda akan merasa lebih nyaman jika Anda terlebih dahulu mengenal lingkungan sekitar – termasuk rute perjalanan untuk sampai ke sana.

Dan jangan lupa merencanakan siapa saja teman yang akan kamu ajak berangkat bersama atau berjanji untuk menghadiri pesta bersama.

3. Mulai Percakapan dengan Topik yang Mudah

Tanyakan kepada orang-orang tentang rencana liburan atau kegiatan olahraga mereka dan topik percakapan mudah lainnya. Bersiaplah untuk berbagi rencana Anda. Pertimbangkan untuk mengatakan, “Musim ini, saya merencanakan sesuatu yang sangat berbeda” dan jelaskan apa yang akan Anda lakukan.

Anda akan mendapatkan perhatian mereka dengan pendekatan yang segar pada liburan dan Anda dapat bersenang-senang berbagi rencana Anda. Misalnya, “Saya akan mendaftar di kelas yoga. Itu adalah sesuatu yang belum pernah saya lakukan karena hal itu membuat saya takut.” Hal ini dapat membuka percakapan saat orang lain membicarakan pengalaman yoga mereka.

3. Hindari Bersandar pada “Keberanian Setelah Minum Alkohol”

Anda mungkin berpikir bahwa minum alkohol dalam jumlah besar akan membangun keberanian Anda, namun mungkin Anda meninggalkan kesan buruk yang ‘abadi’.

Jika Anda tidak makan di acara tersebut, bahkan sedikit alkohol akan mempengaruhi Anda dan kesenangan akan hilang. Buatlah konsumsi alkohol Anda satu gelas per jam dan ‘serap’ perlahan.

4. Bertemu dengan Orang Baru

Tahan godaan untuk bergaul hanya dengan orang yang bekerja dengan Anda. Dengan menggunakan beberapa strategi percakapan di atas, Anda akan terkejut betapa mudahnya percakapan akan mengalir dengan introvert dan ekstrovert lainnya.

5. ‘Tempatkan’ Dirimu di Tengah Acara

Menjadi pusat acara tidak berarti Anda harus menjadi seseorang yang menghidupkan pesta, tapi itu akan membuat Anda merasa kurang sadar diri daripada Anda terus-terus menyendiri. Ada lebih banyak keamanan di sana karena di situlah sebagian besar percakapan berlangsung.

Anda tidak harus menjadi pengisi acara layaknya komidian gokil yang bisa kita lihat di Instagram Ernest Prakasa misalnya, namun anda cukup duduk atau mengikuti kegiatan dimana pusat pesta dilaksanakan. Kerena akan banyak hal yang bisa dibicarakan dan kegiatan untuk diikuti.

6. Terhubung dengan Manajemen Senior

Seiring berjalannya acara dan Anda mulai merasa lebih nyaman, mulailah percakapan dengan manajemen senior. Mereka mungkin akan menyambut saat karyawan lain menghindar dari mereka karena takut tidak mendapat informasi.

Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka masuk ke industri dan tentang pekerjaan pertama mereka. Jangan merasa Anda perlu “talk shop” tapi fokus pada rencana liburan mereka dan jika mereka menyebutkan anak atau cucu, tanyakan kepada mereka tentang rencana mereka bersama mereka.

7. Bangun Percakapan Anda

Anda akan menemukan topik percakapan baru saat Anda berbicara dengan orang yang berbeda. Misalnya, Anda selalu bisa memulai percakapan baru dengan, “Saya baru saja berbicara dengan Terry dan dia telah melihat film Marvel terbaru. Saya akan coba melihatnya. Sudahkah Anda melihatnya?”

Orang umumnya lebih tertarik pada bagaimana mereka bertemu di sebuah acara daripada menilai kinerja Anda. Hindari gagasan bahwa orang akan menilai Anda, Anda akan merasa lebih nyaman. Anda akan lebih senang jika bisa menjadi diri sendiri dan memanfaatkan tips di atas saat acara berlangsung.

Written by sriyadidaryanto

January 12th, 2018 at 4:15 am

Posted in Kehidupan

Leave a Reply