SD blog

all I thinks as college student

Sebuah Studi Mengungkapkan Usia di Mana Saat Anda Mulai Kehilangan Teman

without comments

Foto: https://www.satujam.com/wp-content/uploads/2016/02/Teman-baik.jpg

Berapa banyak teman yang Anda miliki selama sekolah menengah? Bagaimana dengan saat di universitas? Bagaimana cara membandingkannya dengan berapa banyak teman yang anda miliki sekarang?

Saat kita masih belajar di sekolah menengah kita punya banyak sekali teman-teman baik untuk bermain dan belajar materi fisika dasar dikelas. Di sekolah menengah kita bisa berteman paling tidak sama teman sekelas atau seangkatan.

Sebuah studi baru telah mengungkapkan usia ketika kebanyakan dari kita mulai kehilangan teman dan itu membuat kita yang mengetahuinya menjadi cukup sedih.

Menurut peneliti, lingkaran sosial kita akan terus tumbuh sampai kita berusia 25 tahun. Tapi begitu kita mencapai usia pertengahan dua puluhan, jumlahnya mulai menurun dan terus menurun sepanjang sisa hidup kita.

Para ilmuwan di Finlandia Aalto University School of Science dan Oxford University Department of Experimental Psychology menganalisis rekaman telepon untuk memperkirakan berapa banyak teman yang dihubungi oleh seseorang.

Dalam pertemanan banyak suka duka, itulah mengapa pengertian usaha dalam pertemanan sangat penting

Mereka menemukan bahwa rata-rata wanita berusia 25 tahun itu mengkontak sekitar 17,5 orang per bulan. Pria dari kelompok usia ini menghubungi sedikit lebih banyak orang, yaitu 19 orang per bulan.

Namun, pada saat peserta mencapai usia 39, angka tersebut turun. Rata-rata pria berusia 39 tahun hanya mengontak 12 orang per bulan, sementara rata-rata wanita berusia 39 tahun hanya mengkontak 15 orang per bulan.

Foto: https://www.inspirasi.co/post_image/file_1505360791.jpg

Studi tersebut menunjukkan bahwa angka-angka yang tinggi sebelum usia dua puluhan adalah pertanda bagi kita untuk mencoba ‘menemukan jalan kita’ di dunia ini. Pergaulan sosial yang lebih besar dari individu muda dapat ditafsirkan sebagai fase pengambilan sampel sosial.

Individu-individu mengeksplorasi berbagai peluang (baik untuk persahabatan dan mitra reproduksi) yang tersedia bagi mereka sebelum akhirnya menyelesaikan dengan yang mereka anggap ‘optimal atau paling berharga.

Kabar baiknya adalah jumlah teman mulai stabil lagi setelah kita berusia 80-an, di mana kontak bulanan pada usia ini sekitar delapan orang untuk wanita dan enam untuk pria.

Tentu saja, penelitian ini memiliki keterbatasan seperti pada 2016 ada banyak cara untuk menghubungi pasangan Anda tanpa menggunakan telepon Anda. Namun para periset mengatakan temuan mereka konsisten dengan penelitian sebelumnya yang melihat adanya penurunan interaksi tatap muka sepanjang hidup kita.

Written by sriyadidaryanto

December 9th, 2017 at 5:16 am

Posted in Kesehatan

Leave a Reply