SD blog

all I thinks as college student

Tugas Milenial: Memperkuat Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

without comments

Tugas Milenial: Memperkuat Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Pancasila dikukuhkan sebagai ideologi bangsa Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945 dimana memiliki 5 sila yang mencerminkan jati diri dan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

Ideologi Pancasila terlahir dari buah pemikiran para pahlawan yang harus kita jaga dan lestarikan. Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan untuk membuat Indonesia merdeka begitu besar.

Oleh karena itu, para milenial atau generasi muda harus meneruskan perjuangan luhur para pahlawan dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia di Era Milenial

Milenial berada pada usia produktif yang berperan penting dalam kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara dari kini hingga nanti. Era globalisasi dan digitalisasi saat ini juga membuat level kreativitas dan inovasi para milenial lebih unggul. Selain itu, derasnya perkembangan dunia digital membuat milenial memiliki kemudahan untuk mengakses berbagai informasi dari dunia luar.

Akan tetapi, tidak adanya jarak dengan dunia luar membuat pemikiran generasi sekarang semakin terbuka dan fleksibel. Kebudayan asing telah banyak memengaruhi perilaku dan pola pikir generasi sekarang.

Inilah peran Pancasila sangat dibutuhkan untuk menjadi lampu merah yang dapat memperingatkan untuk tetap menjaga budaya dan perilaku sesuai ideologi bangsa Indonesia. Keberadaan Pancasila dapat menjadi pembatas dari berbagai pengaruh negatif dunia luar yang dapat merugikan bangsa Indonesia.

Sebut saja sila pertama yang meletakkan Tuhan sebagai pusat segala tatanan dunia. Milenial yang memiliki keimanan kepada Tuhan dapat mengurangi perasaan sombong atau merasa hebat karena segala sesuatu di dunia ini adalah milik dan kehendak-Nya.

Sedangkan relevansinya dengan sila ke-2, para milenial diharapkan dapat selalu berbuat baik kepada sesama dan lebih mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

Sila 3 menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan Indonesia dimana sangat dibutuhkan khususnya para milenial untuk menjaga sikap toleransi dan jangan mudah dipecah belah dengan sesama bangsa sendiri.

Generasi muda juga jangan mengambil keputusan secara sepihak, harus melalui sistem yang demokratis yaitu musyawarah dan mufakat sesuai dengan sila ke 4. Sedangkan relevansi sila ke 5 di era milenial ini adalah terus memerjuangkan keadilan untuk seluruh bangsa Indonesia.

Selain menerapkan prinsip dan arti ideologi bangsa Indonesia ke dalam diri sendiri, para milenial juga diharapkan dapat menyebarkan semangat Pancasila pada orang-orang di sekitarnya.

Written by sriyadidaryanto

November 22nd, 2020 at 8:35 am

Posted in Wawasan

Leave a Reply