SD blog

all I thinks as college student

Syarat Cumlaude, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

without comments

Syarat Cumlaude, Bagaimana Cara Mendapatkannya?
Sumber: Infokampus.news

Setiap orang menginginkan agar cita-citanya tercapai. Salah satu jalan mencapai cita-cita yaitu menyelesaikan kuliah tepat waktu. Anda pastinya ingin segera mendapatkan gelar sarjana, sehingga dapat melanjutkan jalan menggapai cita-cita. Menyelesaikan kuliah dengan cepat memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi mendapatkan gelar cumlaude. Anda harus memenuhi syarat cumlaude jika ingin mendapatkannya.

Gelar cumlaude diperuntukkan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya tepat waktu dengan Indek Prestasi Ketuntasan (IPK) diatas 3,90. IPK harus mendekati 4.00, seperti yang Anda ketahui untuk mendapatkan IPK tersebut sangatlah sulit. Sedangkan itu adalah satu-satunya syarat cumlaude yang wajib dipenuhi.

Tenang saja, Anda bisa mendapatkan IPK cumlaude. Berikut merupakan cara mendapatkan IPK cumlaude.

1. Belajar Dengan Rajin

Belajar merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh mahasiswa. Belajar membuat mahasiswa memahami lebih dalam tentang materi yang diberikan oleh dosen. Jika mahasiswa sudah paham maka, mereka dengan mudah dapat mengerjakan soal ujian. Tentunya hasil ujian akan memuaskan dan mendapatkan nilai A. Sisihkan waktu belajar minimal 2 jam per hari.

2. Selalu Masuk Kuliah

Terkadang ada mahasiswa yang malas masuk kuliah. Padahal absensi kehadiran kuliah sangat mempengaruhi nilai semester. Tentunya absensi bisa menjadi syarat cumlaude, jika banyak absensi yang Anda ambil maka dapat dikeluarkan dari mata kuliah. Anda tidak mendapatkan nilai, sehingga harus mengulang mata kuliah pada semester berikutnya.

3. Membuat Rencana Nilai

Rencanakan nilai yang Anda inginkan di setiap mata pelajaran. Untuk mendapatkan gelar cumlaude, nilai Anda harus bagus. Susun berapa nilai akhir semester yang diinginkan, minimal nilai di setiap mata kuliah yaitu A. Tidak boleh mendapatkan nilai C atau dibawah D.

4. Aktif Organisasi

Organisasi dapat menambah wawasan Anda, serta dapat mengasah komunikasi Anda berbicara di depan umum. Dengan begitu, Anda bisa menyampaikan argumentasi serta diskusi dengan baik didalam perkuliahan.

Itulah cara mendapatkan syarat cumlaude yang harus dilakukan. Caranya memang sulit, namun lakukanlah secara semangat dan senang hati serta tulus tanpa kumpulan kata-kata yang negatif dipikiran. Dijamin gelar cumlaude bisa Anda dapatkan ketika lulus kuliah.

Written by sriyadidaryanto

February 12th, 2021 at 9:48 am

Posted in Wawasan

Leave a Reply