SD blog

all I thinks as college student

Sikap Naif itu Beda dengan Sikap Baik. Kenali Lebih Lanjut

without comments

Sikap Naif itu Beda dengan Sikap Baik. Kenali Lebih Lanjut

Setiap orang pastinya ingin bersikap baik kepada siapapun. Hanya saja, terkadang ada orang yang bersikap naif, sehingga lebih banyak dimanfaatkan oleh orang lain. Orang yang memiliki sikap naif justru akan merugikan dirinya sendiri, meskipun dirinya enggan karena merasa tidak enak hati.

Nah, ternyata menjadi orang naif dan terlalu polos akan merugikan diri sendiri. Berikut ini kerugian menjadi orang yang naif yang perlu kamu hindari.

1. Dianggap orang yang membosankan

Ketika berteman dengan orang baik, tentunya kamu akan merasa senang bukan? Hanya saja jika sikap baik terlalu berlebihan akan membuat orang lain menjadi sebal denganmu. Misalnya, ketika ada orang yang menjatuhkanmu di media sosial, kamu bersikap tenang dan terima dengan perlakuan tersebut. Temanmu tentunya akan bosan, apalagi jika nasehat dari temanmu tidak kamu gubris.

2. Sering dimanfaatkan orang lain

Terlalu baik juga akan membuatmu sering dimanfaatkan orang lain. Meski hal ini akan menyenangkan bagi orang lain, ternyata hal ini juga akan membuatmu mudah disepelekan. Orang lain akan menganggap kamu mudah ditipu, karena kamu tidak bisa tegas.

Sikap naif ini juga yang akan membuat kamu sulit menolak permintaan orang lain. Hal ini akan membuat kamu dianggap lemah dan reaksimu lebih mudah ditebak ketika ada orang yang minta pertolongan.

3. Tidak bisa menjadi diri sendiri

Karena rasa tidak enak hati ketika harus menolak orang lain, membuat kamu susah untuk mengekspresikan rasa kecewa. Emosi yang tidak bisa tersalurkan ini bisa saja membuat kamu stres. Selain itu, sikap naif yang berlebihan juga akan membuatmu tidak percaya diri. Apalagi sikap ini bukan cara untuk bisa diterima di lingkungan sekitar.

4. Mudah merasa kecewa

Karena ketidakmampuan menolak orang lain, terkadang muncul rasa kecewa karena tidak bisa menuruti kata hati. Selain itu, jika pertolongan yang kamu berikan tidak maksimal dan kurang memuaskan orang lain, terkadang muncul rasa kecewa yang berakibat timbulnya rasa tidak percaya diri.

Sikap naif yang berlebihan justru menjadi bumerang pada diri kamu sendiri. Ada baiknya kamu bersikap sewajarnya agar tidak mudah dimanfaatkan orang lain.

Written by sriyadidaryanto

October 25th, 2020 at 1:38 pm

Posted in Kehidupan

Leave a Reply