SD blog

all I thinks as college student

Mengenal Ciri-ciri Kepribadian Introvert

without comments

Mengenal Ciri-ciri Kepribadian Introvert

Kepribadian introvert kerap dikaitkan dengan sifat tertutup, pendiam, dan pemalu. Mereka yang punya kepribadian ini juga sering disebut-sebut susah untuk maju dan sukses. Apakah semua itu benar atau hanya persepsi semata? Yuk kenali ciri-ciri introvert berikut agar kamu lebih mengenalnya.

Ciri-ciri Kepribadian Introvert

Secara umum, orang introvert cenderung fokus pada perasaan, pikiran, dan suasana hati dari dalam dirinya sendiri. Selain itu, mereka lebih memusatkan perhatian kepada diri sendiri dibandingkan sekitarnya. Ciri-ciri introvert lainnya yaitu:

1. Merasa Bahwa Berkumpul Itu Melelahkan

Jika kamu merasa kehabisan energi setelah berkumpul dengan orang banyak, kemungkinan besar kamu adalah seorang introvert. Meski demikian, bukan berarti tidak dapat berada di keramaian, berbicara di depan orang banyak, ataupun berinteraksi dengan mereka. Hanya saja setelah itu perlu memulihkan energi dengan menyepi sejenak dari keramaian.

2. Menyukai Kesendirian

Sendiri di rumah atau di sebuah ruangan merupakan kesenangan bagi orang introver. Kesendirian mampu memberikan mereka ketenangan dan kebahagiaan serta mengembalikan energi. Ketika sendiri, mereka juga bisa mendapatkan ide-ide baru.

3. Tidak Memiliki Banyak Teman Dekat

Orang yang introvert tidak nyaman berteman dengan terlalu banyak orang. Dalam lingkaran pertemanan, hanya sedikit saja yang menjadi teman dekat.

4. Dianggap Pendiam

Anggapan umum terhadap introvert adalah pendiam. Padahal sebenarnya tidak selalu begitu. Mereka biasanya tidak terlalu banyak berbicara dengan orang yang baru dikenal, tetapi menjadi sebaliknya jika sudah sangat dekat.

5. Lebih Memahami Diri Sendiri

Karena suka menyibukkan diri dengan pikirannya sendiri, orang yang memiliki kepribadian introvert lebih mengenal dirinya. Mereka lebih memahami perbuatannya dan akibat yang mungkin akan ditimbulkan. Oleh karena itu, mereka suka menggali tentang dirinya melalui membaca dan merenungkan kehidupan.

6. Tidak Cocok dengan Profesi Tertentu

Orang-orang introvert biasanya tidak cocok dengan profesi yang mengharuskan banyak interaksi dengan orang lain. Mereka biasanya menyukai pekerjaan yang memberikan kebebasan mengekspresikan ide seperti penulis, pelukis, dan desainer grafis.

7. Suka Mempelajari Sesuatu Secara Visual

Saat mempelajari sesuatu, introvert lebih suka melakukan observasi daripada langsung mencobanya. Ketika memutuskan untuk mencoba secara langsung, mereka pun akan melakukannya sendiri tanpa orang lain.

Orang yang mempunyai kepribadian introvert sebenarnya tidak selalu pendiam dan pemalu. Banyak juga orang introvert yang mampu tampil di depan publik dan menyampaikan ide-idenya dengan baik.

Written by sriyadidaryanto

October 25th, 2020 at 2:09 pm

Posted in Kehidupan

Leave a Reply