SD blog

all I thinks as college student

Pengertian Kepribadian dan Hal-Hal yang Berhubungan dengan Kerpibadian

without comments

Pengertian Kepribadian dan Hal-Hal yang Berhubungan dengan Kerpibadian

Mendengar istilah kepribadian, apakah yang kamu pikirkan? Mungkin kamu akan berpikir sifat ataupun watak seseorang. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan pengertian kepribadian agar kamu tidak salah tafsir.

Pengertian Kepribadian Menurut Ahli

Secara umum, kepribadian merupakan cara seseorang berinteraksi ataupun bereaksi dengan orang lain. Tetapi, beberapa ada yang menafsirkan sebagai ciri-ciri dari seseorang yang paling menonjol. Biasanya sering diungkapkan dengan ‘si A orang yang pemalu’ ataupun ‘si B anak yang ramah’.

Gordon sendiri mengungkapkan bahwa kepribadian merupakan berbagai aspek psikis dan fisik yang merupakan suatu proses dan struktur. Jadi, bisa diartikan bahwa kepribadian seseorang bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi orang tersebut.

Sedangkan menurut Yinger, kepribadian diartikan sebagai keseluruhan perilaku seseorang dan sistem yang saling berinteraksi sesuai dengan instruksi dari pusat keseimbangan. Bisa disimpulkan bahwa kepribadian menurut Yinger bahwa kepribadian seseorang dilakukan secara sadar.

Cuber menjelaskan bahwa kepribadian merupakan gabungan dari seluruh sifat yang tampak dan bisa dilihat oleh orang lain. Pengertian kerpibadian ini berarti hanya sifat saja yang diperlihatkan oleh orang lain.

Jadi, kesimpulan dari arti kepribadian di atas berarti sifat-sifat yang ditampilkan kepada orang lain dan merupakan suatu interaksi yang dilakukan dengan sadar terhadap stimulus tertentu.

Konsep Kepribadian

Secara umum, ada 5 jenis konsep kepribadian yang perlu kamu pahami. Konsep kepribadian ini berdasarkan dari Alwisol yang akan menambah penjelasan dari arti kepribadian.

  1. Karakter, yaitu penggambaran tingkah laku seseorang yang menampilkan nilai eksplisit atau implisit. Seperti baik dan buruk ataupun benar dan salah.
  2. Temperamen, yang berkaitan dengan determinan biologis dan fisiologis.
  3. Sifat-sifat, merupakan respon yang sama pada stimulant yang berlangsung cukup lama.
  4. Ciri, hampir sama dengan sifat. Tapi, ciri lebih disempitkan dalam kelompok stimuli dan sifatnya lebih terbatas.
  5. Kebiasaan, merupakan respon yang ditunjukkan dalam waktu yang lama, biasanya memiliki respon yang sama dan cenderung berulang.

Dengan memahami pengertian kepribadian secara utuh akan memahamkan kamu mengenai perbedaannya dengan istilah watak. Nah, sekarang coba analisis kepribadian yang kamu miliki ya?

Written by sriyadidaryanto

November 2nd, 2020 at 12:55 pm

Posted in Kehidupan

Leave a Reply