SD blog

all I thinks as college student

Pengalaman Kuliah Online, Dari yang Menjengkelkan hingga Lucu

without comments

Pengalaman Kuliah Online, Dari yang Menjengkelkan hingga Lucu
Sumber: duniadosen.com

Diselenggarakannya sistem perkuliahan online menyisakan berbagai cerita yang sangat beragam, mulai dari yang menjengkelkan hingga lucu. Bagaimana tidak? Dari sistem pembelajarannya yang mengedepankan ruang virtual ini telah memberikan pengalaman tersendiri yang pastinya tidak pernah terlupakan. Jadi, tidak mengherankan jika kemudian pengalaman kuliah online kerap kali menjadi perbincangan banyak pihak khususnya di kalangan mahasiswa dan para dosen.

Dimulai dari pengalaman kuliah online yang menjengkelkan. Disebutkan oleh beberapa mahasiswa bahwasannya kerap kali mereka merasa jengkel atas tugas yang menumpuk. Bagaimana tidak? Hampir setiap pertemuan, seorang dosen tidak pernah absen untuk memberikan tugas. Bayangkan saja jika hal ini dilakukan dalam seminggu dengan jadwal perkuliahan di setiap harinya ada 3 mata kuliah. Pastinya akan membuat para mahasiswa menjadi kelabakan ketika dituntut untuk on time dalam mengumpulkan tugas.

Tidak berhenti sampai di sini saja, pengalaman kuliah online yang menguras kesabaran membuat lelah hati adalah ketika jaringan internet tiba-tiba putus. Maklum, tidak semua mahasiswa berasal dari wilayah kota dan sebagian berasal dari pedesaan yang sangat sulit untuk mendapatkan jaringan internet. Jika sudah demikian, alamat bakalan mendapatkan nilai yang tidak maksimal karena keterbatasannya dalam menjangkau setiap sesi pembelajaran online.

Namun, di balik rasa jengkel yang dialami oleh mahasiswa, siapa sangka para dosen juga sempat melontarkan pengalaman kuliah online yang terbilang sangat lucu. Singkat cerita, banyak mahasiswa yang mengikuti sesi pembelajaran sambil menikmati makanan yang tersaji atau bahkan secangkir kopi. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kebosanan yang melanda ketika harus mendengarkan ceramah dosen yang tidak ada habisnya. Menyikapi hal tersebut, para dosenpun memakluminya selama mereka berbuat tidak di luar batasan yang ada.

Adanya pengalaman kuliah online bisa menjadi cerita tersendiri yang kemudian akan dianggap sebagai sebuah pengalaman berharga selama musim pandemi. Terlebih lagi dengan adanya wisuda online, pastinya pengalaman yang satu ini tidak akan terlupakan oleh para mahasiswa. Dengan demikian, diberlakukannya sistem pembelajaran online akan menjadi sebuah pengalaman tersendiri yang memberikan dampak signifikan baik dari segi akademis maupun non-akademis.

Written by sriyadidaryanto

July 18th, 2021 at 6:41 pm

Posted in ngampus

Leave a Reply