SD blog

all I thinks as college student

Lebih mengenal apa itu Rapat Umum pemeang Saham

without comments

Lebih mengenal apa itu Rapat Umum pemeang Saham

Rapat Umum Pemegang Saham merupakan sebuah kegiatan yang mana tidak memberikan kewenangan untuk direksi atau komisaris dalam batas waktu yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Negara.

RUPS atau yang merupakan dari Rapat Umum Pemegang Saham dibagi menjadi 2 jenis yaitu tahunan dan lainnya. Pengertian RUPS tahunan yakni kewajiban penyelenggaraan rapat ini dalam rentang waktu 6 bulan setelah berakhirnya tahun buku. Adapun perjanjian yang disepakati dalam RUPS yakni segala hal yang berurusan dengan pengajuan dokumen laporan tahunan dalam perusahaan tersebut.

Sedangkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham yang diselenggarakan oleh Direksi bisa membahas beberapa poin demi kemajuan perusahaan yang cantik buat masa depan, pembahasan dapat berupa:

  1. Pembahasan mengenai permintaan pemegang saham, serta pembahasan yang sangat perlu jika dipandang dari sisi dewan direksi. Adapun pembahasan ini juga didasarkan dari pengadilan Rapat Umum Pemegang Saham tersebut.
  2. Pembahasan RUPS yang diselenggarakan dewan komisaris terkait masalah yang memiliki kaitan terhadap dimintanya RUPS.
  3. Pengadaan RUPS sama dengan penetapan ketua pengadilan negri dan hanya bisa membahas tentang inti acara rapat berdasarkan yang sudah ditetapkan oleh ketua pengadilan negri.

Dalam penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham memiliki 7 tujuan utama. Adapun 7 tujuan utama yang mewajibkan adanya RUPS ini antara lain:

  1. Laporan pelaksanaan yang digunakan untuk pertanggungjawaban sosial dan juga lingkungan
  2. Laporan atas kegiatan perseorangan
  3. Gaji dan tunjangan anggota direksi serta dewan komisaris
  4. Laporan keuangan yang berupa laba rugi tahun buku yang bersangkutan. Seperti kata kata bijak cinta “dalam segalah hal percayalah pada apa yang nyata” demikianlah pentingnya laporan yang teraudit dan disajikan dengan baik.
  5. Laporan pengawasan tugas yang telah dilaksanakan dari dewan komisaris selama tahun buku berjalan
  6. Rincian terkait timbulnya masalah selama tahun buku yang berpengaruh terhadap kegiatan perseorangan
  7. Nama anggota dewan komisaris dan direksinya.

Diatas telah disampaikan pembahasan dan tujuan diselenggarakannya Rapat Umum Pemegang Saham. Dari pengertian diatas, bisa di simpulkan bahwa Rapat Umum Pemegang Saham sangat penting bagi direksi maupun pemegang saham perusahaan karena begitu berguna untuk kepentingan kedua belah pihak. Nah, sudah tahukan pentingnya? Kalo sudah maka sudahkah perusahaanmu menjadwalkan rapat ini?

Written by sriyadidaryanto

August 16th, 2021 at 12:08 pm

Posted in Bisnis

Leave a Reply