SD blog

all I thinks as college student

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kekurangan Kepribadian ESTP (Pengusaha)

without comments

Ciri-Ciri, Kekuatan, dan Kekurangan Kepribadian ESTP (Pengusaha)

Kepribadian ESTP (pengusaha) merupakan orang yang ramah, penuh semangat, dan berani mengambil risiko. Tipe ini terdiri dari kepribadian ekstrovert, sensing, thinking, dan perceiving. ESTP termasuk jenis orang yang mau ikut langsung dalam suatu permasalahan. Secara langsung, ia akan terjun ke dalam dan langsung ingin berbuat sesuatu.

Ciri-Ciri ESTP

Tipe ESTP cenderung lebih melihat data dan fakta. Ia akan mengabaikan teori ataupun panduan yang ada. Tipe ini cukup cekatan untuk memutuskan apa yang harus dilakukan, ia juga akan langsung mengerjakannya dan beralih ke pekerjaan lain setelah selesai.

ESTP juga termasuk orang yang suka tantangan dan risiko. Terkadang ia juga terlihat lebih mencolok dan ingin berusaha tampil di depan umum.

Menariknya, seorang ESTP mampu menafsirkan perilaku orang lain. Ia bisa membaca pikiran dan tingkah laku orang lain. Hal inilah yang membuat ESTP bisa mengambilnya sebagai sebuah motivasi dari orang lain.

Kepribadian ESTP (pengusaha) juga termasuk orang yang suka berinteraksi dengan orang lain. Hanya saja, terkadang ia tidak sengaja menyakiti perasaan orang lain.

Kekuatan ESTP

ESTP memiliki banyak energi dan juga berani di segala hal. Ia juga memiliki kemampuan yang baik untuk menemukan suatu ide dengan detail. ESTP akan membantu menyelesaikan masalah orang lain, jika tidak ada orang lain yang bisa membantunya.

Pada dasarnya, ESTP merupakan orang yang pintar bersosialisasi. Dalam sebuah komunitas atau organisasi, biasanya ESTP akan memilih menjadi pemimpin. Ia lebih suka berkomunikai langsung dengan jelas dan akan menjelaskannya berdasarkan fakta dan data.

Kelemahan ESTP

Tipe ini termasuk orang yang kurang sensitif. ESTP lebih mengutamakan fakta dan realitas dibandingkan dengan emosi dan perasaan. Hal inilah yang membuat ESTP sering melukai perasaan orang lain.

Selain itu, tipe ESTP juga termasuk orang yang tidak sabaran. Hal inilah yang membuat ESTP berani mengambil risiko hanya untuk menghilangkan rasa bosan pada dirinya.

Kepribadian ESTP (pengusaha) perlu memahami perasaan orang lain. Selain itu, tipe ESTP perlu belajar mengungkapkan perasaannya. Jika kamu memiliki kepribadian ini, kamu cocok untuk memiliki profesi polisi, sales, marketing, ataupun seorang entrepreneur. Bukan seorang akademisi seperti ahli dalam Kimia.

Written by sriyadidaryanto

January 18th, 2021 at 5:51 pm

Posted in Kehidupan,Wawasan

Leave a Reply