SD blog

all I thinks as college student

7 Tradisi Natal di Yunani yang Harus Anda Ketahui

without comments

7 Tradisi Natal di Yunani yang Harus Anda Ketahui

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Yunani saat liburan Natal, Anda beruntung. Meskipun musim ini adalah musim libur kedua terpenting setelah Paskah di Yunani, tapi tetap ada beberapa tradisi Natal di tempat ini. Inilah tradisi Natal Yunani yang harus Anda ketahui.

1. Christmas Carols

Pada malam Natal, anak-anak jalan dari rumah ke rumah di lingkungan mereka untuk menyanyikan kalanta, lagu-lagu Natal Yunani, untuk memberikan harapan terbaik mereka kepada para tetangga. Mereka biasanya ‘diberi upah’ dengan permen, buah kering dan atau makanan ringan seperti saat halloween.

2. Perahu Natal

Jangan kaget menemukan perahu kayu kecil yang diterangi di rumah orang-orang Yunani saat Natal. Dengan sejarah maritim sejak zaman purbakala, istri dan anak-anak di Yunani biasa menghias kapal-kapal kecil untuk menunjukkan rasa terima kasih mereka pada suami dan anak-anak mereka yang kembali dari laut dan terhindar dari bencana. Tradisi ini masih bertahan sampai sekarang.

3. Pohon Natal

Pohon Natal diperkenalkan di negara ini oleh Raja Otto pada tahun 1830-an, namun benar-benar membuat ‘debut’ yang sebenarnya di rumah-rumah keluarga Yunani di tahun 1940an. Trennya benar-benar ‘tertangkap’, tapi pohon Natal tidak pernah berhasil ‘mengoyahkan’ popularitas kapal Natal dan survei baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang Yunani benar-benar memilih perahu Natal.

4. Makanan Natal

Sama seperti di manapun di dunia ini, Yunani juga unggul dalam merayakan puasa pra-Natal dengan berbagai hidangan tradisional yang hebat. Pada daftar atas ada sup lezat dan hidangan daging, makanan terenak yang dipanggang seperti kourabiedes yang terkenal dan nikmat (kue almond) dan melomakarona (kue lezat yang dicelupkan ke dalam sirup) yang bisa ditemui di hari-hari mendekati Natal saja. Vasilopita (disajikan pada Tahun Baru) atau christopsomo (roti Kristus) adalah beberapa makanan yang dibuat khusus untuk musim liburan Natal.

5. Pembaharuan air

Pada tanggal 1 Januari, beberapa keluarga Yunani juga melanjutkan tradisi kuno, yaitu pembaharuan air, dimana semua guci air dikosongkan dan diisi dengan air baru; Banyak keluarga melakukan ritual ini juga dengan memberikan sesaji ke naiads.

6. Hadiah

Seiring musim libur Natal berlangsung dari Malam Natal ke Epiphany, 6 Januari, hari pemberian hadiah sebagai wujud cinta dan kasih sayang secara tradisional jatuh pada tanggal 1 Januari, Hari Santo Basil (atau Agios Vasilios) – walaupun banyak keluarga sekarang juga bertukar hadiah pada Hari Natal.

7. Kallikantzari

Tradisi mengatakan bahwa selama 12 hari Natal, goblin nakal yang dikenal sebagai kallikantzari datang untuk menggoda orang dan membuat malapetaka di rumah mereka. Mereka akan lenyap saat para imam datang untuk memberkati rumah pada hari Epiphany, setiap tanggal 6 Januari.

Written by sriyadidaryanto

December 1st, 2019 at 6:20 pm

Posted in Others

Leave a Reply