SD blog

all I thinks as college student

7 Hobi Kreatif yang Meningkatkan Kesehatan Mental

without comments

7 Hobi Kreatif yang Meningkatkan Kesehatan Mental

Mengejar hobi kreatif seperti melukis atau merajut dapat meningkatkan kesejahteraan emosional dan menumbuhkan kesehatan mental yang baik, penelitian baru telah ditemukan.

Sebuah studi tentang anak muda menemukan bahwa aktivitas kreatif sehari-hari menyebabkan “peningkatan spiral” dan peningkatan kesejahteraan.

Periset dari Department of Psychology at New Zealand’s University of Otago meminta 658 mahasiswa untuk menyimpan jurnal harian untuk mencatat pengalaman dan keadaan emosional mereka selama 13 hari.

Penulis penelitian utama Dr Tamlin Conner mengatakan bahwa dia dan timnya berharap dapat mengetahui apakah terlibat dalam kegiatan kreatif sehari-hari membuat orang merasa lebih baik secara emosional.

“Ada pengakuan yang berkembang dalam penelitian psikologi bahwa kreativitas bisa dikaitkan dengan fungsi emosional. Namun, sebagian besar pekerjaan ini berfokus pada bagaimana emosi menguntungkan atau menghambat kreativitas, bukan apakah kreativitas menguntungkan atau menghambat kebahagiaan emosional, “kata Dr Conner dalam sebuah pernyataan.

Studi ini tidak secara khusus meminta peserta untuk menentukan sifat dari aktivitas kreatif mereka, namun para periset telah mengumpulkan informasi semacam itu secara informal dalam sebuah studi sebelumnya.

Mereka menemukan bahwa contoh paling umum yang dilaporkan adalah penulisan lagu; menulis kreatif (puisi, fiksi pendek); merajut dan merenda; membuat resep baru; melukis, menggambar dan membuat sketsa; desain grafis dan digital; dan pertunjukan musik.

Para peneliti menemukan bahwa “pengaruh positif” (PA) – yang mencakup perasaan seperti keterlibatan, kebahagiaan, kegembiraan, kebahagiaan dan antusiasme yang menyenangkan – pada hari tertentu tidak memprediksi aktivitas kreatif hari berikutnya.

“Penelitian kami sebelumnya menemukan bahwa PA tampaknya meningkatkan kreativitas pada hari yang sama, namun temuan terbaru kami menunjukkan bahwa tidak ada efek cross-day. Sebaliknya, ini adalah aktivitas kreatif pada hari sebelumnya yang memprediksi kesejahteraan hari berikutnya, “katanya.

Bahkan saat mengendalikan aktivitas kreatif hari berikutnya, kreativitas hari sebelumnya secara signifikan memprediksi energi PA dan berkembang.

Dr Conner dan rekan penulisnya menambahkan: “Temuan ini menunjukkan jenis spiral ke atas untuk kesejahteraan dan kreativitas – terlibat dalam perilaku kreatif menyebabkan peningkatan kesejahteraan di hari berikutnya dan peningkatan kesejahteraan ini cenderung memfasilitasi aktivitas kreatif pada hari yang sama.

Mereka menyimpulkan bahwa “secara keseluruhan, temuan ini mendukung penekanan yang muncul pada kreativitas sehari-hari sebagai sarana untuk menumbuhkan fungsi psikologis positif”.

  1. Menulis lagu
  2. Menulis Kreatif
  3. Merajut dan merenda
  4. Membuat Resep Baru, seperti membuat resep nasi goreng, bakso, dan tidak terbatas untuk makanan saja.
  5. Melukis, menggambar dan membuat sketsa
  6. Desain grafis dan digital
  7. Penampilan musik

Written by sriyadidaryanto

December 1st, 2019 at 6:59 pm

Posted in Others

Leave a Reply