SD blog

all I thinks as college student

Kapan Waktu yang Baik untuk Berolahraga?

without comments

Foto Aliando Mau Main Basket – Referensi gambar kepogaul.com

Singkatnya waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu yang paling cocok menurutmu untuk melakukannya.

Banyak penelitian mengangkat topik ini dan manfaat dalam berolahraga di pagi, siang atau malam hari. Akhirnya, semuanya kembali ke preferensi pribadi dan gaya hidupmu; kalau kebiasaanmu masih sebagai gaya tak konstan kamu harus mulai menentukan hal-hal yang buat kamu nyaman.

Pilihlah waktu yang membantumu dapat berolahraga sebagai rutinitas rutin dan teratur. Inilah alasannya:

Ini Tentang Menemukan Ritmemu!

Pernah kah bertanya-tanya mengapa beberapa dari kita aktif di pagi hari sementara yang lain tidak? Ini sangat berkaitan dengan jam internal tubuh atau ritme sirkadian.

Ritme sirkadian adalah siklus tidur dan bangun sehari-hari. Siklus inilah yang mengatur perubahan fisik, mental dan perilaku dalam periode 24 jam.

Suhu tubuh, tekanan darah dan metabolisme adalah beberapa proses fisiologis yang dapat dipengaruhi oleh jam internal tubuh. Ritme ini merespons perubahan lingkungan dan bisa diatur dan disetel ulang.

Perubahan lingkungan dapat memiliki efek pada ritme sirkadian meliputi keringanan dan gelap dari suhu di lingkungan sekitar, cahaya buatan, penggunaan jam alarm untuk bangun, waktu makan dan waktu berolahraga.

Jam pribadimu dapat mempengaruhi jam berapa kamu akan memilih untuk berolahraga. Jadi, apakah kamu orang yang aktif di pagi atau malam hari?

Jika Kamu Orang yang Aktif di Pagi Hari

Ini bukanlah batasan bahwa kamu harus berolahraga di pagi hari. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih konsisten dengan rutinitas latihan mereka.

Idenya adalah kamu akan menyelesaikan latihan sebelum ada kejadian atau gangguan lain pada hari tersebut yang mengganggumu, sehingga kamu bisa menyelesaikannya.

Orang yang berolahraga di pagi hari umumnya bisa mengatur waktu mereka dengan lebih baik dan merasa lebih berenergi sepanjang hari.

Jika kamu berolahraga di pagi hari, pastikan memberi sedikit waktu pemanasan ekstra untuk menaikkan suhu tubuh dan otot agar hangat terlebih dahulu.

Beberapa orang mengalami kesulitan berolahraga di pagi hari karena pusing, kelelahan atau sakit kepala yang dialami saat berolahraga dengan perut kosong.

Jika itu terjadi padamu, cobalah makan camilan, seperti pisang atau yoghurt rendah lemak, sebelum berolahraga.

Jika Kamu Tipe Orang yang Aktif di Malam Hari

Olahraga di siang atau sore bisa menjadi cara sempurna untuk melepas lelah. Beberapa orang merasa bahwa latihan sore atau malam hari lebih produktif dan membantu meringankan sebagian tekanan yang didapat sepanjang hari sungguh inspirasi yang menyentuh hati tentuya.

Bagi orang lain, olahraga di pagi hari tidak terasa enak karena, saat bangun tidur, otot mungkin terasa kencang dan gula darah mungkin rendah.

Olahraga di siang atau malam hari mungkin tampak jauh lebih baik karena tubuh sudah lebih waspada, suhu tubuh juga meningkat secara alami dan otot sudah hangat dan fleksibel.

Olahraga pada jam ini juga memiliki manfaat tambahan karena memberi kesempatan untuk mendapatkan makanan terlebih dahulu yang dapat membantumu merasa lebih berenergi saat berolahraga.

Apakah kamu berolahraga untuk menurunkan berat badan, menghilangkan stres atau salah satu dari banyak manfaat kesehatan lainnya, yang terpenting adalah kamu harus konsisten.

Jadwalkan waktu untuk latihan berdasarkan pada apa yang terbaik bagimu, baik pagi, siang maupun sore hari.

Jam internal tubuh akan me-reset sendiri kebiasaan tidurmu serta perubahan jam makan akan jatuh ke waktu yang semestinya atau dapat kamu sesuaikan sendiri.

Written by sriyadidaryanto

May 22nd, 2018 at 7:50 am

Posted in Kesehatan,Olahraga