SD blog

all I thinks as college student

Perusahaan Termahal di Dunia, Inilah Sejarah Berdirinya Amazon

without comments

Perusahaan Termahal di Dunia, Inilah Sejarah Berdirinya Amazon

Kamu pasti tahu perusahaan mahal di dunia yang bernama Amazon bukan? Digadang menjadi salah satu big four di dunia, selain Google, Facebook, dan Apple, Amazon merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Washington, Amerika Serikat. Untuk menambah pengetahuan kamu, berikut informasi mengenai berdirinya Amazon.

Sejarah Amazon

Sebagai perusahaan besar di Amerika Serikat, Amazon berfokus pada layanan e-commerce, kecerdasan buatan, komputer awan, elektonik konsumen, dan distribusi digital. Didirikan oleh Jeff Bezos di Bellevue (Washington) pada tanggal 5 Juli 1994, Amazon memulainya sebagai pasar online yang menyediakan beragam perlengkapan elektronik, makanan, furnitur, mainan, pakaian, dan video game.

Dengan adanya riset yang dilakukan oleh Bezos, kemudian Amazon hanya menyediakan 5 kategori barang yang dijual, yaitu software komputer, buku, video, hardware komputer, dan CD. Di awal penjualan barang di amazon.com, buku menjadi barang yang paling laris dan diburu oleh pelanggan di seluruh dunia.

Berdirinya Amazon hingga sekarang tak lepas dari peran investor yang menanamkan sahamnya. Tetapi, karena adanya krisis di awal abad 21 membuat Amazon terkena dampaknya. Seiring berjalannya waktu, Amazon berhasil bangkit dan menjadi ikon belanja online pertama di dunia.

Meski banyak keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan di situs Amazon tak lantas membuat perusahaan ini berkembang dengan mulus. Di tahun 1998, Amazon dituntut oleh Walmart dengan kasus pencurian rahasia perdagangan, karena adanya tuduhan Amazon memperkerjakan mantan pegawai Walmart. Tetapi, tuntutan tersebut berhasil diselesaikan dengan cara damai, tanpa harus melewati proses hukum.

Kerja keras Bezos membuat Amazon semakin besar. Hingga di tahun 2015, Amazon berhasil melampaui Walmart sebagai retailer terbesar di AS. Bahkan di tahun 2017, Amazon berhasil mengakuisisi Whole Foods Market sebagai pengecer batu dan mortir.

Tak hanya menjual barang secara online saja, Amazon juga mengembangkan bisnis lain dengan melahirkan anak cabang perusahaan di segala bidang. Dengan banyaknya layanan dan produk dari Amazon inilah, maka pantas jika Amazon termasuk pada kategori perusahaan terkaya di dunia.

Dengan mengetahui informasi mengenai berdirinya Amazon dapat membantu kamu mengenali sejarah situs belanja online pertama di dunia. Semoga dapat menginspirasimu ya.

Written by sriyadidaryanto

August 21st, 2020 at 12:37 am

Posted in Others

Leave a Reply