SD blog

all I thinks as college student

Tantangan: Pertanyaannya Bukan Mampukah Aku, Tapi Maukah Aku?

without comments

Dalam kehidupan tentunya setiap hari selalu ada tantangan yang harus kita hadapi. Tantangan bisa berupa aktivitas monoton yang membosankan, atau bisa jadi masalah terbesar yang pernah dan harus kamu hadapi.

Selalu ada dua pilihan dalam menghadapi masalahah, yaitu untuk menghindarinya seperti pencundang, atau berjuang menghadapinya. Paling tidak itulah keputusan sulit yang tak semudah berkata kata lucu dan bercanda tawa.

Tantangan Dalam Kehidupan

Sebuah tantangan untuk keluar dari zona nyaman

Menurut KBBI daring tantangan (n) adalah n ajakan berkelahi (berperang dan sebagainya). n hal atau objek yang menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah; rangsangan (untuk bekerja lebih giat dan sebagainya): kesulitan itu merupakan ~ untuk lebih giat bekerja.  n hal atau objek yang perlu ditanggulangi.

Seperti dapat kita lihat pada gambar ikan diatas sebagai ilustrasi bagaimana ikan yang melompat ke dalam bejana yang lebih luas itu mengambil resiko yang sangat besar sebelum akhirnya menikmati hasil jerih payahnya.

Ilustrasi diatas bukanlah sekedar gambar gambar lucu yang akan membuatmu tertawa, namun merupakan gambaran dimana selalu ada harga yang harus dibayar untuk sebuah kesuksesan.

Lalu apa tantangan bagimu? Hari ini hal yang menantang bagiku ialah untuk menjalani pagi hari tanpa secangkir kopi ataupun teh manis. Hal ini sangant menantang bagiku karena secangkir kopi atau teh manis biasanya selalu menemani pagi hariku untuk menuangkan ide dan berkreasi dalam pekerjaanku.

Itu salah satu masalah kecil dalam kehidupanku, namun biasanya sudut pandang mengenai hal yang menantang itu cenderung terhadap hal-hal yang besar dan beresiko. Seperti haruskah aku kuliah sampil kerja, atau kerja saja tanpa melanjutkan kuliah?

Bagaimana dengan kehidupanmu? Besar-kecilnya tantangan tak akan berarti bila kamu tak menghadapinya.  Namun sebesar apapun persoalan dalam kehidupanmu hari ini jangan ragu, takut atau minder, tapi tanyakanlah satu hal ini.

Bukan Mampukah Aku, Tapi Maukah Aku?

Namannya juga tantangan kadang terlalu mudah hingga kamu tak merasa tertantang. Namun bagaimana bila masalah itu terlalu berat untuk kemampuanmu sekarang? Bagaimana bila tantang yang kamu hadapi terlalu beresiko? Bagaiman dan bagaimana jika?

Begitulah lucunya kehidupan saat kamu menghadapi masalah, seakan-akan usaha kamu selama ini tak ada guna dan kamupun sering merasa tak berdaya.  Bahkan sepertinya orang-orang disekelilingmu pun tampak ragu dan tak percaya bila kamu bisa.

Hiruplah nafas dalam-dalam dan tenangkanlah pikiranmu, karena pertanyaan sebenarnya “apakah kamu mau menghadapinya?” cukup jawab pertanyaan ini dan mulailah bertindak.

Bila kamu mau menghadapinya tentunya kamu akan mencari cara untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi. Namun bila kamu akhirnya tak mau menghadapinya itu sepenunya keputusanmu untuk menyerah atau sekedar lelah dan berhenti berusaha.

 

Written by sriyadidaryanto

April 8th, 2017 at 3:07 am

Posted in Motivasi

Leave a Reply