SD blog

all I thinks as college student

Sejarah Singkat Hari St. Patrick, Sang Pelindung Utama di Irlandia

without comments

Meskipun Santo Patrick adalah orang suci yang sudah banyak dikenal oleh orang, namun masih banyak misteri yang belum diketahui. Santo Patrick diperkirakan lahir di Inggris atau Prancis pada akhir abad ke-4 dan dibesarkan dalam keluarga religius, yang ayahnya adalah seorang diakon.

St. Patrick the Bishop of Armagh and Enlightener of Ireland

gambar dari oca.org / St. Patrick the Bishop of Armagh and Enlightener of Ireland

Diyakini Santo Partrick telahir dengan nama laki laki Maewyn Succat. Santo Patrick diceritakan dalam tulisannya sendiri, bahwa dia tidak memiliki kepercayaan iman yang cukup kuat di masa mudanya. Dia akhirnya mengenal Tuhan setelah diculik oleh bajak laut Irlandia pada usia 16 dan dibawa ke Irlandia.

Bekerja sebagai gembala saat penahanan di Irlandia selama enam tahun di Gunung Sliabh Mis, County Antrim, akhirnya Santo Patrick dapat melarikan diri dari Irlandia pada usia 22 dan menemukan jalan kembali ke keluarganya. Dia kemudian mulai mempelajari tentang Kekristenan dan menjadi seorang pendeta dan mengambil nama Patrick.

Setelah mendapat wahyu akhirnya Santo Patrick memutuskan untuk kembali ke Irlandia sebagai misionaris untuk mengkhotbahkan apa yang telah dia pelajari. Ada sejumlah lokasi di Irlandia di mana dia menghabiskan waktu di sana pada saat kedatangannya, terutama tempat pendaratannya di Three Mile Water, Brittas Bay.

Dalam pengakuan tertulisnya, Santo Patrick menyatakan bahwa dia kemudian membaptis ribuan orang, membantu menyebarkan agama Kristen ke seluruh negeri dan menjadi uskup Irlandia. Dia dan pengikutnya dikatakan telah membangun banyak gereja paling awal di Irlandia, seperti gereja di Saul, County Down yang dicatat sebagai gereja Kristen pertama di Irlandia.

Santo Patrick diperkirakan meninggal pada tanggal 17 Maret 461. Lama setelah kematiannya, berbagai legenda mulai muncul mengenai dirinya dan karya-karyanya, seperti cerita tentang ular yang dibuang dari Irlandia. Sebenarnya, tidak pernah ada ular di Irlandia, mitos ini diyakini oleh banyak orang sebagai metafora untuk menyingkirkan paganisme dari Irlandia dan menggantinya dengan agama Kristen.

Meskipun dia tidak pernah secara resmi dikanonisasi, Santo Patrick telah lama dikenal sebagai santo pelindung utama di Irlandia karena perannya dalam membawa agama Kristen ke negara tersebut. Bahkan pada 17 Maret ditetapkan sebagai St. Patrick’s Day yang dirayakan setiap tahun di Irlandia dan di seluruh dunia oleh diaspora Irlandia.

Written by sriyadidaryanto

October 14th, 2017 at 9:08 am

Posted in Others

Leave a Reply