SD blog

all I thinks as college student

Puisi tentang Sahabat dan Tips Membuat Puisi Sahabat yang Berkualitas

without comments

Puisi tentang Sahabat dan Tips Membuat Puisi Sahabat yang Berkualitas

Sahabat adalah orang terdekat dalam hidup kita yang mengerti segala baik dan buruknya sisi kepribadian yang kita miliki. Sahabat ini biasanya merupakan teman sebaya maupun teman sepermainan kita.

Berdasar dari kedekatan usia serta kecocokan yang didapat dari perasaan senasib dan seperjuangan dalam meraih cita-cita di masa depan, membuat kita mempunyai hubungan persahabatan yang kental dan sulit terpisahkan.

Kedekatan emosi dengan sahabat tak jarang membuat kita ingin membuatkannya sebuah puisi persahabatan. Puisi tentang sahabat ini biasanya tercipta untuk menyambut hari spesial sahabat kita, seperti hari ulang tahun, hari wisuda maupun hari pernikahannya.

Sebagai seorang sahabat, apalagi dalam hubungan persahabatan yang terjalin dalam waktu yang sudah lama, dorongan untuk bersikap romantis dalam rangka ikut berbahagia dan bersuka cita merayakan hari spesialnya merupakan hal yang wajar kita rasakan.

Dalam hal inilah puisi tentang sahabat dapat dijadikan media untuk mengungkapkan makna mendalam yang menggambarkan bentuk perhatian dan kasih sayang kita pada sahabat.

Puisi tersebut juga terkadang dijadikan sebagai ungkapan pengganti kehadiran kita yang dalam situasi tertentu tak dapat menghadiri perayaan hari spesial sahabat kita.

Puisi tersebut dapat kita kirimkan sebagai bentuk penyesalan dan penggambaran hati kita yang sedih karena tak dapat ikut merasakan secara langsung kebahagiaan yang dirasakan oleh sahabat kita.

Akan tetapi dalam membuat puisi tentang sahabat ada satu hal yang harus kita perhatikan agar puisi hasil karya kita menjadi puisi yang berkualitas dan syarat makna.

Untuk bisa menghasilkan puisi yang bermakna mendalam tersebut tentunya kita tak bisa hanya membuatnya dengan asal-asalan saja. Kita harus memperhatikan seni kualitas dalam puisi ciptaan kita, bagaimana kita menguraikan pentinnya seorang teman manjadi sahabat yang luar biasa apa adanya sangatlah penting.

Seni Kualitas dalam Penciptaan Puisi tentang Sahabat

Seni kualitas yang dimaksudkan di sini memiliki arti jika puisi yang kita ciptakan harus sebisa mungkin berisikan pilihan kata-kata indah yang mudah dimengerti dan tidak berlebihan. Pemilihan diksi di dalamnya juga harus diperhatikan.

Bahkan dengan pemilihan diksi yang tepat, penggunaan kata-kata sederhana saja dapat menjadi rangkaian kata yang sempurna di dalam sebuah puisi.

Selain itu, agar puisi tentang sahabat hasil karya kita menjadi puisi tentang sahabat yang berkualitas, kita harus mengatur bait serta pemilihan irama yang kita gunakan secara baik dan tepat.

Apabila hal-hal tersebut tersusun dan terkoordinasikan dengan baik, maka dijamin puisi untuk sahabat ciptaan kita menjadi puisi yang indah dan berkualitas.

Written by sriyadidaryanto

September 8th, 2019 at 7:20 am

Posted in Kehidupan

Leave a Reply