SD blog

all I thinks as college student

Pengertian & Manfaat Integritas Diri

without comments

Pengertian & Manfaat Integritas Diri

Apa itu integritas diri? Mungkin beberapa orang masih awam dengan istilah ini, tetapi pada dasarnya integritas sudah melekat pada pribadi masing-masing. Integritas diri bisa dikatakan sebagai cermin dari diri seseorang.

Orang memiliki integritas akan memiliki konsistensi yang tak tergoyahkan walaupun terdapat banyak hambatan, Ia akan selalu menjunjung nilai-nilai dan prinsip keyakinan. Singkatnya orang yang ber-integritas ditandai dengan kesamaan antara perkataan dan perbuatan, sehingga melahirkan kejujuran dan tanggung jawab yang tinggi.

Melalui pengertian di atas, sudah pasti seseorang yang mampu mewujudkan integritas dalam dirinya akan memperoleh banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat integritas diri:

1. Secara fisik

Manfaat yang Kita rasakan seara fisik adalah selalu merasa nyaman dan tentram. Dan tentunya hal ini berdampak juga pada kesehatan yang membaik serta badan menjadi bugar. Dengan kondisi fisik yang baik akan membantu Kita siap mengawali aktivitas sehari-hari.

2. Secara emosional

Dengan mewujudkan integritas diri, Kita akan merasakan diri Kita penuh dengan motivasi, sadar diri, empati, simpati, solidaritas tinggi serta penuh dengan kehangatan emosional dalam interaksi dengan orang-orang sekitar.

3. Secara spiritual

Secara spriritual, integritas membuat sesorang menjadi lebih bijaksana dalam menilai suatu perkara entah itu pengalamannya atau kejadian yang menimpa orang lain, baik suatu yang menyenangkan atuapun menyeduhka.

4. Secara intelektual

Secara intelektual, integritas diri berdampak pada pola pikir seseorang serta pengetahuan yang dapat Ia serap. Sesorang yang memiliki integritas akan selalu berupaya mengembangkan pemikirannya dengan kritis dan rasional. Dan selau ingin mempelajari hal-hal baru secara konsisten. Sehingga kemampuan otak dapat digunakan secara maksimal.

5. Secara sosial

Dilihat dari segi sosial, sesorang yang memiliki integritas akan membuat hubungan orang-orang disekitarnya menjadi lebih baik. Karena sifatnya yang terkenal bijaksana, jujur dan bertanggung jawab serta senantiasa menepati janji, membuatnya di sukai dan disegani orang-orang disekelilingnya. Orang-orang akan senang bila bersamanya dan hal tersebut akan berdampak besar pada kondidi lingkungan tersebut.

Banyak sekali manfaat integritas pada diri sesorang. Sudah seharusnya setiap orang menanamkan prinsip mengenai integritas yang benar dalam diri individu masing-masing untuk memperolah kehidupan yang lebih baik.

Written by sriyadidaryanto

September 9th, 2020 at 3:01 pm

Posted in Motivasi

Leave a Reply