SD blog

all I thinks as college student

Minuman Berenergi dan Olahraga

without comments

olah raga sampai berkeringat

sumber gambar kompas.com

Minuman apa yang paling bagus untuk diminum setelah berolahraga? Minuman berenergi atau air putih?

Jika kamu benar-benar berolahraga dengan sangat keras di pusat kebugaran dan berkeringat banyak lalu membutuhkan minuman untuk membuatmu terhidrasi, minuman apakah yang seharusnya kamu pilih, apakah minuman berenergi yang kamu pilih?

Bila kamu sering nonton film indonesia di TV mungkin banyak iklan yang memperlihatkan bagaimana segarnya minum minuman berenergi saat sedang lelah, haus atau tidak fokus.

Minuman Berenergi: Bagaimana minuman ini ‘berkerja’

Minuman energi adalah minuman yang mengandung elektrolit (biasanya sodium, klorida, dan kalium), karbohidrat (gula), dan kalori. Elektrolit sangat penting untuk memastikan sel tubuh bekerja dengan benar.

Saat kamu berkeringat, kamu akan kehilangan hanya beberapa elektrolit, kecuali jika berolahraga dengan penuh semangat. Hilangnya elektrolit normal bisa diganti dengan minum banyak air putih dan mengonsumsi makanan sehat.

Bila kamu berlatih dengan sangat keras dan berkeringat banyak bagai olahragawan dan media pria yang berotot, kamu mungkin akan kehilangan banyak elektrolit. Jika kamu melakukan olahraga ringan tapi di daerah yang sangat panas, kamu juga akan kehilangan elektrolit yang tidak bisa diganti dengan air minum saja.

Minuman berenergi dapat membantu mengembalikan elektrolit yang hilang saat berolahraga dan karena mengandung gula, minuman ini juga dapat memberikan dorongan energi untuk membantumu menjalani latihan. Tapi itu tidak berarti kamu harus meminumnya tiap sebelum dan sesudah latihan.

berkeringat baik bagi tubuh

sumber gambar merdeka.com

Apakah air putih biasa lebih bagus ketimbang minuman berenergi untuk diminum setelah berolahraga?

Ketika hendak memilih antara air putih dan minuman berenergi, ingat beberapa poin di bawah ini:

1. Air Mineral.

Terhidrasi dengan tepat adalah salah satu cara paling penting untuk melindungi tubuh sebelum, selama dan setelah berolahraga. Kamu harus minum banyak air secara teratur, terutama saat berencana berolahraga dengan betul-betul (dengan keras).

Seperti komunikasi pada hubungan cinta jarak jauh demikian juga air putih adalah sumber cairan terbaik untuk tubuh, jadi pastikan kamu sudah cukup minum air putih.

2. Minuman Berenergi Mengandung Kalori.

Satu hal yang kurang baik dari minuman berenergi adalah minuman ini mengandung kalori, apalagi untuk orang yang sedang menurukan berat badan dengan olahraga, tentu akan mempertimbangkan hal ini sebelum meminumnya.

Kebanyakan orang hanya perlu minum air. Minuman berenergi biasanya mengandung kalori dan jika kamu mencoba untuk menjaga asupan kalori, tentu ini bukan pilihan tepat

Minuman berenergi biasanya memiliki sekitar setengah jumlah gula dan kalori dari minuman soda atau jus buah. Jumlah ini juga bisa bertambah dengan cepat jika kamu mengurangi minum minuman ini, apalagi saat kamu tidak berolahraga.

3. Pertimbangkan jenis latihannya.

Kebanyakan orang tidak memerlukan minuman berenergi untuk menggantikan elektrolit yang hilang saat olahraga. Karena pada umumnya mereka tidak berolahraga cukup keras untuk membutuhkannya.

Tapi orang-orang yang melakukan latihan tertentu atau mereka yang melakukan angkat beban berat atau yang berlari jauh, mungkin mendapat manfaat dari minuman berenergi ini.

Orang yang berolahraga dalam kondisi ekstrim mungkin juga mendapat manfaat dari meminum minuman berenergi setelah berolahraga dengan keras.

Tapi orang-orang yang berolahraga dengan intensitas sedang (berolahraga kurang dari satu jam) harus menghindari kalori dari minuman berenergi ini dan pastikan banyak minum air untuk mengisi ulang cairan dalam tubuh mereka setelah berolahraga.

Written by sriyadidaryanto

November 23rd, 2017 at 8:36 am

Posted in Olahraga

Leave a Reply