SD blog

all I thinks as college student

Mengerikan! Berikut Bahaya Merokok pada Organ-Organ Kesehatan

without comments

Mengerikan! Berikut Bahaya Merokok pada Organ-Organ Kesehatan

Sering kita jumpai peringatan “Dilarang Merokok” di berbagai tempat, memang dua kata ini dapat dengan mudah kita jumpai dibanyak tempat dan juga sudah lazim didengar dari banyak orang. Hal tersebut karena banyaknya bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak hanya bagi si perokok aktif tetapi juga orang-orang perokok pasif dapat terkena dampak dari asap rokoknya. Dan hal ini sudah terbukti. Beberapa masalah kesehatan pun siap mengintai seperti kanker paru-paru, jantung koroner, stroke.

Namun kenyataannya, ada lebih banyak bahaya merokok lainnya yang sering kali tidak disadari oleh seorang pecandu rokok. Berikut ini ulasannya:

1. Bahaya Merokok Pada Otak

Merokok dapat meningkatkan 50 persen resiko terkena penyakit stroke karena dapat menyebabkan melemahnya pembuluh darah bagi perokok aktif. Sumber pelemahan pada pembuluh darah berasal dari bahan kimia pada rokok seperti karbon monoksida, gas oksidan, tar dan nikotin.

Contoh penyakit yang disebabkan dari rokok yaitu Aneurima Otak, disebabkan akibat melemahnya dinding pembuluh darah yang sewaktu-waktu dapat pecah kemudian mengakibatkan pendarahan pada otak.

2. Bahaya Merokok Pada Organ Pernapasan

Salah salu efek dari bahaya merokokialah kanker paru-paru. Peradangan yang disebabkan dari asap rokok yang terhirup dan masuk ke dalam paru-paru, selain itu akibat paparan asap rokok juga dapat menyebabkan penyakit pada pernapasan lainnya yaitu pneumonia danbronkitis.

Hal tersebut dikarenakan bahan kimia yang terdapat pada rokok menyebabkan rusaknya sel pada paru-paru kemudian tumbuh menjadi sel-sel kanker.

3. Bahaya Merokok Pada Organ Reproduksi

Ancaman yang ditimbulkan akibat bahaya merokok berbagai jenis rokok yaitu dapat mengganggu sistem reproduksi baik pria maupun wanita. Bagi pria bahaya merokok dapat menyebabkan kanker testis, impotensi dan juga mengurangi kesuburan.

Disisi lain, wanita yang merokok juga memili damapak bagi kesehatan organ reproduksi yaitu dapat mengurangi kesuburan, kanker rahim.

4. Bahaya Merokok Pada Lambung

Lambung juga dapat menjadi sasaran dari bahaya merokok yang ditimbulkan karena asap rokok yang dihisap dapat meningkatkan asam lambung.

Merokok juga dapat kemungkinan asam lambung bergerak naik ke tenggorokan sehingga menyebabkan ganguan kesehatan hingga timbulnya penyakit kanker lambung, tukak lambung dan ulkus.

Berdasarkan jabaran bahaya merokok diatas dapat disimpulkan bahwa banyak efek buruk yang ditimbulkan bagi tubuh terutama bagi kesehatan tubuh kita.

Written by sriyadidaryanto

August 19th, 2019 at 3:17 pm

Posted in Kesehatan

Leave a Reply