SD blog

all I thinks as college student

Kenali Jenis-Jenis Karya Ilmiah di Perguruan Tinggi

without comments

Kenali Jenis-Jenis Karya Ilmiah di Perguruan Tinggi

Tugas yang diberikan oleh dosen saat kuliah sangatlah beragam. Biasanya dosen akan memberikan tugas untuk menyusun karya ilmiah. Jika kamu masih bingung dalam membuatnya, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis karya ilmiah.

Mengetahui jenis karya ilmiah akan membantu dalam mengenali perbedaan antar jenisnya. Hal ini akan mempermudah kamu dalam membuat tugas yang tepat sesuai dengan tugas dari dosen. Berikut ini jenis karya ilmiah di perguruan tinggi yang perlu kamu ketahui.

1. Makalah

Jenis karya ilmiah ini akan sering kamu kerjakan selama menjalani masa kuliah. Makalah berisi mengenai masalah suatu ilmu. Dalam makalah juga dijelaskan mengenai solusi yang disajikan dan dipresentasikan dalam kegiatan seminar. Selain itu, makalah juga mengandalkan data dan sumber yang relevan, sehingga dalam proses penyusunannya membutuhkan banyak referensi.

2. Kertas Kerja

Kertas kerja pada dasarnya hampir sama dengan makalah. Hanya saja, analisis pembahasannya lebih dalam dan biasanya dipresentasikan di seminar dan dihadiri oleh para ahli.

3. Artikel

Jenis-jenis karya ilmiah yang sering kamu temukan adalah artikel. Artikel adalah tulisan yang berisi pendapat subyektif mengenai suatu masalah. Biasanya artikel dimuat dalam jurnal atau buku yang merupakan hasil pemikiran dari kajian pustaka ataupun penelitian.

4. Paper

Paper adalah sebutan makalah di kalangan mahasiswa. Jenis karya ilmiah ini biasanya memiliki panduan khusus, karena dibuat oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.

5. Skripsi

Skripsi merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa S1 yang digunakan untuk syarat memperoleh gelar sarjana. Skripsi menjadi penentu kelulusan yang harus diuji di hadapan pembimbing dan penguji.

6. Tesis

Tesis adalah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa S2 sebagai penentu kelulusannya. Dibandingkan dengan skripsi, tesis memiliki analisis dan pembahasan lebih mendalam. Biasanya tesis akan mengungkapkan ilmu baru yang didapat dari hasil penelitian individu.

7. Disertasi

Disertasi merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa S3 untuk memperoleh gelar doktor. Disertasi berisi temuan penulis yang harus berdasarkan data yang valid.

Dengan mengenali jenis-jenis karya ilmiah, kamu mampu membedakan antar jenisnya. Jadi, pahami perbedaannya ya agar tulisan yang dibuat mudah dipahami orang lain!

Written by sriyadidaryanto

October 11th, 2020 at 9:21 am

Posted in Wawasan

Leave a Reply