SD blog

all I thinks as college student

IPK Standar itu Berapa? Ketahui Lengkapnya Seperti Berikut

without comments

IPK Standar itu Berapa? Ketahui Lengkapnya Seperti Berikut.

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa tentunya bukan serta merta kamu tidak memiliki tujuan ke depannya bukan? Nah, salah satu yang ingin kamu raih pastinya meraih IPK yang memuaskan.

Hanya saja, terkadang mata kuliah yang dijalani terlalu sulit dan memperoleh IPK standar menjadi targetanmu. Jadi, sebenarnya IPK standar itu berapa? Adakah hubungannya ketika kamu melamar pekerjaan?

IPK menjadi patokan hasil pencapaian mahasiswa yang merupakan angka kumulatif dari setiap IP per semesternya. IPK memang bukanlah faktor penentu keberhasilan seorang mahasiswa ketika bekerja kelak, tetapi IPK menjadi pintu gerbang untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kriteria idaman kamu.

Beberapa perusahaan dan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) biasanya mematok nilai IPK minimal 3,0 dalam setiap rekruitmennya.

Nilai IPK inilah yang menjadi standar minimal yang perlu kamu raih ketika lulus nantinya. Selain untuk mendaftar pekerjaan, memperoleh IPK lebih dari standar minimal akan sangat berguna dalam beberapa hal sebagai berikut.

1. Syarat mengajukan beasiswa

Setelah kamu mengetahui IPK standar itu berapa, kamu akan termotivasi untuk bisa meraih IPK setinggi-tingginya. Pasalnya, IPK biasanya menjadi syarat untuk mengajukan beasiswa, baik dari pemerintah maupun dari perusahaan swasta.

2. Syarat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi

Jika kamu ingin melanjutkan kuliah S2, ada baiknya kamu menetapkan IPK yang tinggi. Meski bukan syarat utamanya, dengan IPK yang melebihi standar akan membuat pihak kampus lebih yakin jika kamu mampu untuk melanjutkan studi di kampusnya.

3. Memiliki arti dalam penguasaan teori perkuliahan

IPK yang tinggi sering diartikan sebagai penguasan materi kuliah yang baik. Jika IPK yang kamu peroleh hanya standar, kamu bisa dibilang sebagai mahasiswa rata-rata. Tentunya hal ini bisa mempengaruhi mental kamu ketika melamar pekerjaan bukan?

4. Membanggakan orang tua

Jika IPK yang kamu peroleh lebih dari standar, itu artinya kamu berhasil membanggakan orangtua. Apalagi biaya kuliah bukanlah biaya yang ringan dan orangtua sudah bersusah payah untuk mencari biaya kuliahmu.

Dengan mengetahui IPK standar itu berapa kamu jadi punya targetan IPK saat lulus bukan? Meski IPK bukan segalanya, tapi tetap harus tetap belajar agar IPK yang kamu peroleh tidak mengecewakan.

Written by sriyadidaryanto

October 11th, 2020 at 10:36 am

Posted in Wawasan

Leave a Reply