SD blog

all I thinks as college student

Cara Membangkitkan Semangat Nasionalisme yang Wajib diajarkan Sejak Dini

without comments

Cara Membangkitkan Semangat Nasionalisme yang Wajib diajarkan Sejak Dini
Sumber: KepoGaul.com

Membangkitkan semangat nasionalisme seluruh rakyat Indonesia harus dimulai sejak dini. Karena hanya semangat inilah yang bisa membuat masyarakat terutama kawula muda memiliki rasa cinta tanah air atau patriotisme yang luar biasa.

Nah di artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membangkitkan semangat nasionalisme. Agar rasa cinta rakyat kepada tanah air Indonesia sangat tinggi. Ini dia cara-cara yang dimaksud:

1. Mengenalkan Kisah-Kisah Heroik para Pahlawan Bangsa

Dengan dikenalkan kisah-kisah heroik para pahlawan bangsa kepada para pemuda bisa menjadi dasar mereka untuk tetap menjaga bangsanya. Melakukan penjagaan dari rongrongan penjajahan maupun penindasan-penindasan berikutnya.

Selain itu mereka juga akan berupaya untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan buruk yang bisa mencoreng nama baik bangsanya. Karena dari kisah heroik para pahlawan bangsa ini bisa dipahami kalau untuk meraih kemerdekaan Indonesia harus mengorbankan nyawa.

2. Anak Diwajibkan Menghafal Lagu-Lagu Nasional

Kisah heroik kepahlawanan di Indonesia tidak hanya ditampilkan dari sejarah-sejarah kepahlawanan saja. Tetapi juga termaktub di dalam lagu-lagu nasional. Oleh sebab itu terutama anak-anak harus hafal lagu-lagu tersebut supaya mereka memiliki jiwa patriotisme sejati.

3. Ikut Andil Melestarikan Budaya Daerah

Indonesia adalah bangsa yang besar. Sebuah negara yang juga memiliki kebudayaan dengan jumlah yang sangat banyak dan beragam.

Dengan mengajarkan anak-anak teknik melestarikan kebudayaan daerah, maka sama juga memberikan momentum kepada mereka untuk ikut menjaga bangsanya. Karena budaya adalah identitas bangsa.

Artinya jika sebuah kebudayaan bangsa hancur maka otomatis bangsa juga mengalami kemerosotan dalam budaya. Ini yang harus dilakukan pencegahan sejak dini.

4. Lebih Mencintai Produk Dalam Negeri

Jika ingin rakyat memiliki rasa nasionalisme yang luar biasa maka pastikan mereka lebih cinta produk dalam negeri dibandingkan produk dari luar negeri. Paling tidak mereka mengagungkan apa yang menjadi milik sendiri tidak kalah hebat dengan produk milik orang lain

Jika ini sudah menjadi karakter dari setiap para remaja maka otomatis rasa cintanya pada Indonesia secara umum dan rasa cintanya kepada produk lokal secara khusus semakin luar biasa. Mereka juga cenderung akan ikut menjaga produk tersebut tetap eksis.

Caranya dengan ikut berkreativitas dan menjadi pelaku usaha.  Supaya produk tidak hanya bisa dikonsumsi oleh masyarakat sendiri tetapi juga bisa di-ekspor ke mancanegara.

Dalam rangka membangkitkan semangat nasionalisme tidak boleh dilakukan asal-asalan. Harus diperhitungkan dengan matang. Terutama saat ini, ketika jutaan informasi negatif sangat mudah diakses oleh masyarakat.

Written by sriyadidaryanto

May 10th, 2020 at 10:08 am

Posted in Motivasi

Leave a Reply