SD blog

all I thinks as college student

7 Tips untuk Membuat Olahraga Jadi Menyenangkan dan Berkelanjutan

without comments

7 Tips untuk Membuat Olahraga Jadi Menyenangkan dan Berkelanjutan

Memulai kembali pola latihan bisa menjadi gagasan yang luar biasa dan bahkan kadang bisa jadi sulit, apakah Anda baru mulai mengerjakannya (atau memikirkannya) atau Anda siap untuk kembali berolahraga setelah istirahat sejenak.

Sering kali kita berlebihan dan mencoba mengikuti jadwal pelatihan enam hari seminggu dan akibatnya akan sangat lelah, sementara yang lainnya tidak memulai sama sekali karena takut gagal.

Apapun camp tempat Anda berada, tujuh tips untuk mulai berolahraga di sini adalah untuk membantu Anda membuat jadwal latihan yang menyenangkan dan berkelanjutan.

1. Mulailah dengan dua kali latihan dalam seminggu

Mungkin Anda akan tergoda untuk terjun langsung ke dalam jadwal latihan yang intens dalam upaya untuk melihat hasilnya lebih cepat, tapi bagi kebanyakan orang ini bukan cara yang berkelanjutan untuk berolahraga.

Untuk memastikan Anda membentuk kebiasaan olahraga sehat yang dapat Anda pertahankan, mulailah dengan dua latihan seminggu. Setelah Anda merasa nyaman dengan gerakan dan kebugaran Anda mulai membaik, tambahkan latihan ketiga.

2. Cobalah latihan di rumah dengan atau tanpa peralatan

Bergabung dengan gym atau kelas saat Anda belum pernah memulai berolahraga bisa menjadi pengalaman yang menegangkan dan menantang. Mungkin Anda tidak tahu cara menggunakan peralatan, tidak merasa cukup fit atau hanya merasa tidak nyaman.

Untuk membantu Anda mempermudah dalam rutinitas, serta terbiasa dengan gerakan dan latihan dasar, cobalah latihan di rumah via YouTube, seperti yoga, barre, pilates, HIIT dan latihan kekuatan. Anda bisa membeli dan menggunakan timbangan dan / atau pita resistensi, atau cukup menggunakan berat badan Anda untuk latihan yang hebat dalam kenyamanan ruang tamu Anda.

3. Temukan gym terbaik untuk Anda

Begitu Anda merasa nyaman, percaya diri dan siap, luangkan waktu Anda untuk menemukan gym terbaik untuk Anda, sesuai kebutuhan dan jadwal Anda. Jangan takut untuk bertanya kepada gym dan studio tentang keanggotaan dan waktu puncaknya. Dan bukalah beberapa percobaan di gym atau studio terdekat untuk melihat bagaimana Anda menyukai suasana dan pelatihnya.

4. Pertimbangkan untuk memesan pelatih pribadi atau sesi latihan satu lawan satu

Untuk memastikan teknik Anda benar atau untuk membantu membimbing Anda berkeliling gym, ada baiknya Anda memesan seorang pelatih atau sesi satu per satu di gym atau studio Anda. Hanya dalam beberapa sesi dapat membantu Anda mendapatkan motivasi penyemangat diri sendiri untuk berolahraga di gym.

5. Buat rencana untuk membantu Anda tetap termotivasi

Kita semua mengalami periode dimana kita tidak merasa termotivasi untuk bangun dan berolahraga, entah itu karena kita lelah, stres atau merasa malas untuk keluar dari kamar.

Untuk membantu Anda tetap termotivasi, buatlah rencana permainan – mintalah seorang teman atau orang yang Anda cintai untuk membuat Anda tetap termotivasi untuk berolahraga (lebih baik lagi, berolahragalah bersama mereka) dan untuk mendorong dan mengingatkan Anda untuk berolahraga menuju tujuan Anda.

Jika Anda sering mencari alasan untuk tidak berolahraga, salah satu strategi yang bermanfaat adalah mengepak tas senam Anda tadi malam jadi Anda siap untuk pergi berolahraga di hari berikutnya. Anda bahkan bisa membawa perlengkapan olahraga Anda saat bekerja sehingga Anda siap berolahraga setelah makan siang atau sesi kerja.

6. Ubah latihan Anda

Begitu Anda bosan dengan satu jenis latihan atau jika Anda merasa itu tidak sesuai dengan Anda, mengapa tidak mengalihkan segalanya dan mencoba berbagai jenis latihan?

Berilah latihan seru ini: panjat tebing, roller skating, trampolining, hula hooping, selancar, jalan bush, standup paddleboarding dan bersepeda. Banyak kegiatan yang saat dilakukan bahkan tidak terasa seperti sedang berolahraga. Ajaklah teman atau sahabat baikmu dan buatlah hari itu menyenangkan.

7. Cari tahu mengapa Anda berolahraga

Tujuan yang ada dalam pikiran Anda saat memulai kebiasaan latihan sering menentukan keberkelanjutan mereka nantinya.

Sementara tujuan fisik dapat membantu dalam jangka pendek, cobalah untuk fokus pada tujuan yang lebih besar seperti ‘merasa sehat dan bugar’, ‘untuk menemukan latihan yang saya sukai’ dan ‘untuk menemukan rutinitas yang dapat bertahan bertahun-tahun ‘. Gaya hidup sehat adalah kesepakatan seumur hidup, jadi pastikan Anda menikmatinya.

Written by sriyadidaryanto

October 2nd, 2019 at 3:36 pm

Posted in Olahraga

Leave a Reply