SD blog

all I thinks as college student

5 Tips Ramah Lingkungan dalam Kehidupan Sehari-hari

without comments

5 Tips Ramah Lingkungan dalam Kehidupan Sehari-hari

Go Green | foto: p-wec.org

Semakin banyak dari kita mulai melihat manfaat dari gaya hidup ‘ramah lingkungan’, termasuk melakukan tugas kita untuk menjaga lingkungan, menjadi lebih sehat dan menghemat uang tagihan. Begitulah kata kata mutiara kehidupan sehari-hari yang sedang trend dengan istilah go green.

Jika kamu tertarik untuk belajar bagaimana menjadi orang yang ramah lingkungan, inilah beberapa tips ‘go green’ yang bagus:

1. Tinjau Lagi Caramu Mencuci

Kamu mungkin berpikir bahwa mencuci di  suhu 40 derajat selama dua jam adalah cara terbaik untuk membuat pakaian tetap bersih dan segar. Namun taukah kamu, dengan memilih deterjen cucian yang dirancang khusus dapat memberikan hasil yang bagus hanya dengan menggunakan suhu 30 derajat.

Kamu bisa membuat perbedaan besar dengan ini. Mencuci pada suhu 30 derajat dapat menghemat energi dan jika semua orang melakukan ini, 40 miliar jam penggunaan mesin cuci bisa dikurangi.

2. Mendaur Ulang

Membuang bungkus produk-produk yang kita pakai mempunyai dampak lingkungan yang sangat besar. Sampah tidak hanya berkontribusi pada padatnya tempat pembuangan akhir, tapi juga menghabiskan energi untuk membuat kemasan yang nantinya menjadi sampah tersebut.

Jika kemasan bisa didaur ulang, maka seharusnya dengan cara ini  kita bisa gunakan lagi berkali-kali dan meminimalkan dampaknya. Plastik, kaca, kertas dan kaleng semua dapat didaur ulang.

Salah satu barang yang bisa didaur ulang adalah barang pemberian mantan kalau mau dibuang sayang dari pada menimbulkan kata kata sedih menyentuh hati mending dimanfaatkan seperlunya.

Bila memungkinkan, ada baiknya juga membeli produk isi ulang untuk mengurangi kemasan dan mencari produk yang ramah lingkungan, namun tetap menawarkan produk sebanyak yang kamu dapatkan dalam paket reguler.

3. Menanam

Menanam buah dan sayuran sendiri adalah cara yang sehat dan yang baik untuk memenuhi kebutuhan keluargamu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat.

Menanam sendiri makanan kita adalah salah satu cara terbaik untuk menjadi orang yang ramah lingkungan karena dapat mengurangi jumlah kemasan yang tidak dapat didaur ulang dari supermarket.

Kamu bahkan tidak perlu memiliki kebun, karena sayuran seperti tomat, paprika dan stroberi dapat dengan mudah ditanam di ambang jendela rumah kita yang cerah selama musim panas.

4. Bersepeda

Bagi orang tua yang sibuk, tidak berkendara dengan mobil bukan lah hal yang mustahil. Jika jarak yang kamu tempuh tidak terlalu jauh, ambilah sepatu yang nyaman dan ajak keluarga untuk berjalan kaki.

Jika perjalanan agak jauh gunakan sepeda dan bersepedalah bersama. Hal ini tidak hanya mengurangi emisi karbondioksida secara signifikan, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim, namun juga akan membantumu memperbaiki tingkat kebugaran dan kesehatanmu.

Buat yang pacaran bersepeda juga bisa menjadi aktivitas bersama kekasih yang seru, kalau kamu sudah kehabisan ide bisa juga kirim kata kata cinta romantis untuk pacar tercinta namun usahakan kata kata yang kamu kirim jujur dan tulus dari hati.

5. Matikan Alat Elektronik yang Tidak Dipakai

Kamu mungkin berpikir bahwa mengubah mode TV menjadi ‘standby’ adalah cara yang baik untuk menghemat energi saat tidak digunakan. Namun, ketika perangkat elektronik dalam mode standby akan tetap mengkonsumsi listirk.

Menurut Energy Saving Trust, para pemilik rumah menyia-nyiakan hingga £ 80 per tahun dengan mengubah barang elektronik mereka ke mode standby. Mulailah untuk mematikan alat elektronik yang sudah tak terpakai dan contohkan juga pada anak-anakmu. Selain ramah lingkungan hal ini juga akan menghemat biaya yang akan dikeluarkan tiap bulannya.

Go Green

Dengan gagasan ‘go green’ yang hebat ini, keluarga di seluruh dunia dapat menuju gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Ditambah dengan saran untuk hidup ‘hijau’, kamu mungkin juga mendapat manfaat seperti berkurangnya tagihan tahunanmu dan dapat menghemat uang.

Jadi, pikirkanlah dan ajak anak-anak terlibat juga karena hal ini akan membuat generasi muda mau ikut serta melestarikan planet ini.

Written by sriyadidaryanto

January 25th, 2018 at 7:34 am

Posted in Kehidupan

Leave a Reply